10 Cara Hilangkan Jerawat Aman Tanpa Efek Samping

by admin
0 comment

Jerawat memang masih menjadi momok menakutkan pada wajah, bukan hanya untuk wanita tapi juga pria. Timbulnya jerawat bisa berdampak pada kurangnya rasa kepercayaan diri seseorang. Itulah mengapa munculnya jerawat menjadi sangat meresahkan.

Bayangkan saja, jika wajah mulus Anda ditempati oleh jerawat, tentu itu akan sangat mengganggu penampilan. Rasa percaya diri yang seharusnya bisa maksimal pun mau tidak mau pasti surut.

Lalu, adakah cara menghilangkan jerawat secara cepat, aman, serta minim biaya? Tentu saja ada. Cara alami bisa menjadi salah satu alternative bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti berjerawat.

Selain tak perlu merogoh kocek terlalu dalam,cara alami seperti ini sangat mudah dilakukan tanpa harus perawatan ke salon.

Sebelum cari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat. Terlebih dahulu Anda juga wajib paham tentang penyebab awal timbulnya jerawat. Secara umum jerawat bisa muncul karena faktor hormone, kurangnya kebersihan, faktor genetic, paparan polusi bahkan penggunaan kosmetik.

Jika Anda sudah menghindari penyebabnya namun jerawat masih saja muncul, tampaknya Anda wajib mencoba cara alami menghilangkan jerawat membandel berikut ini:

  • Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat yang pertama adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang aktif membasmi jerawat secara menyeluruh jika dilakukan secara teratur.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, lalu menggosokannya pada wajah Anda sebagai masker. Diamkan selama 20-30 hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

  • Kulit Jeruk

Setelah mengupas jeruk untuk dimakan, tentu Anda langsung membuang kulitnya begitu saja. pasti banyak dari Anda yang tidak tahu bahwa kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah.

Kulit jeruk yang biasanya langsung Anda buang ini memiliki kandungan vitamin A dan C serta flavonoid yang tinggi. itulah yang menjadikan kulit jeruk mampu menghilangkan jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan ini, cukup dengan menjemur kulit jeruk sampai kering lalu tumbuk hingga halus. Jika perlu saring tumbuukkan itu agar mendapatkan butiran yang benar-benar halus. Selanjutnya beri sedikit air hingga mengental lalu oleskan ke seluruh wajah.

Diamkan masker kulit jeruk kira-kira 20 menit hingga masker kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini tiap 3 kali dalam seminggu.

  • Bawang Putih

Zat sulfur yang terkandung dalam bawang putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu kandungan anti septic, anti jamur, anti virus serta antioksidan pada bawang putih dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Cara pemanfaatan bawang putih untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menyiapkan 1 siung bawang putih, potong menjadi dua bagian lalu gosokkan secara langsung pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Namun perlu diingat, jika kulit Anda termasuk kulit sensitive maka lakukan perawatan ini dengan sangat hati-hati. Karena kecil kemungkinan bisa menyebabkan iritasi atau kulit terasa sedikit panas.

  • Madu

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan madu. Namun sebaiknya Anda menggunakan madu yang murni agar kualitasnya lebih maksimal.

Madu kaya akan kandungan antioksidan yang mampu membersihkan kotoran penyumbat poti-poti sehingga menimbulkan jerawat. Bahkan madu juga sering digunakan untuk menghilangkan jerawat batu.

Cara perawatannya adalah dengan langsung mengoleskan madu pada kulit wajah Anda. Atau jika Anda takut terlalu lengket, Anda bisa mencampurkannya ke dalam masker yang sering Anda gunakan.

  • Cuka Apel

Akhir akhir ini mungkin sedang marak tren perawatan kulit wajah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel sendiri berasal dari hasil fermentasi sari buah apel. Seperti bahan lainnya, cuka terkenal ampuh melawan banyak jenis bakteri dan virus.

Secara khusus, kandungan asam succinic dalam cuka apel terbukti ampuh menekan peradakan yang disebabkan oleh P.acnes. Terlebih lagi cuka apel mampu menyerap minyak berlebih penyebab timbulnya jerawat.

Cara penggunaannya adalah, buatlah campuran antara cuka apel dan air biasa dengan perbandingan 1:3. Namun jika kulit Anda masuk ke dalam jenis kulit sensitive, Anda bisa menambahkan lebih banyak air biasa.

Tepuk tepuk secara lembut pada wajah Anda dengan menggunakan kapas atau bisa dengan tangan secara langsung. Namun pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih sebelum melakukannya.

Cukup diamkan hingga 20 detik saja lalu bilas dan keringkan dengan menggunakan handuk atau tissue. Anda bisa mengulangi proses ini sebanyak 2 kali dalam satu hari.

Sebagai catatan penting, selalu gunakan perawatan cuka apel dalam jumlah kecil dan mencampurnya dengan air, karena jika tidak sesuai dosis justru malah akan menimbulkan iritasi.

  • Pasta Gigi

Untuk Anda yang menginginkan jerawat hilang dalam satu malam, Anda wajib mencoba pasta gigi sebagai solusinya. Kandungan flourin, hydrogen dan triclosannya mampu mengatasi iritasi pada kulit.

Selain itu pasta gigi juga ampuh mengeringkan jerawat yang sedang meradang. Caranya Anda bisa langsung mengoleskan pasta gigi pada bagian jerawat dan diamkan selama 10-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

  • Alpukat

Alpukat memang sudah terkenal sering digunakan sebagai masker wajah. manfaatnya pun sangat beragam, mulai dari menjaga kelembaban alami kulit hingga menghilangkan jerawat membandel.

Kandungan vitamin E akan membuat kulit Anda lebih lembut dan mengurangi peradangan pada jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan alpukat cukup simple, ambil daging alpukat kemudian haluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Timun

Selain mengandung asam amino dan vitamin, mentimun juga tinggi akan kandungan antioksidan. Kandungan tersebut diyakini mampu digunakan sebagai cara penghilang jerawat secara alami.

Anda cukup menggunakan masker mentimun secara teratur pada kulit yang berjerawat. Bisa dengan menghaluskannya lalu mengoleskan secara merata pada wajah, atau cukup dengan memotong tipis-tipis lalu diletakkan diatas wajah Anda.

  • Mengurangi Stres

Sebagian besar dari Anda mungkin tak pernah memikirkan jika mengurangi stress dapat secara efektif menghilangkan/mencegah munculnya jerawat. Padahal stress masuk dalam salah satu faktor munculnya jerawat pada wajah Anda.

Harus Anda ketahui, pelepasan hormone stress yang berlebihan akan meningkatkan produksi sebum dan membuat kondisi jerawat lebih buruk.  Terlebih lagi stress dapat memperlambat proses penyembuhan jerawat.

  • Menggunakan Uap

Seperti yang sudah banyak diketahui, melakukan penguapan pada wajah akan membuka pori-pori sehingga kulit bisa bernafas. Dengan begitu kotoran yang lama menyumbat pori-pori dapat keluar.

Caranya sangat mudah, cukup isi wadah dengan air panas lalu posisikan wajah Anda tepat diatas wadah tersebut. Lakuka cara ini selama 5 menit, dan Anda bisa melakukannya sebelum tidur agar kotoran selama seharian bisa keluar maksimal.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda coba. Menghilangkan jerawat tidak melulu harus melibatkan dokter. Perawatan praktis dan fleksibel juga alami seperti diatas juga bisa menjadi solusi.

Namun perlu diingat kunci agar hasil yang didapat lebih maksimal, Anda harus melakukan aperawatan ini secara teratur dan konsisten. Selamat mencoba J

Related Posts

Leave a Comment