Antisipasi Penyakit Kanker Payudara dan Penyebabnya

by admin
0 comment

Ditinjau dari faktor internal, kanker payudara biasanya mengincar wanita dengan umur di atas 30 tahun, ada riwayat keturunan kanker payudara di keluarga, ada riwayat penyakit tumor, tidak menyusui, obesitas, pola makan tidak bagus, konsumsi alkohol berlebihan dan stress. 

Waspadai penyakit penyudara dengan mengenali penyakit kanker payudara dan penyebabnya. Saat ini kanker payudara tidak hanya mengintai wanita yang memiliki riwayat kanker  dalam keluarganya. Kanker payudara bisa juga ditimbulkan oleh faktor  lingkungan.

Mengenali gelaja-gejala timbulnya kanker payudara adalah hal yang sangat penting bagi wanita. Jika terdeteksi, maka dipastikan penyakitnya masih berada pada stadium awal sehingga mempermudah proses terapi dan penyembuhan.

Periksa Diri Sendiri untuk Mendeteksi Adanya Kanker Payudara

Sebelum memeriksakan diri ke tenaga medis, wanita bisa melakukan deteksi pada payudara mereka sendiri.  Caranya mudah dan wanita bisa melakukannya sendiri di rumah.

1. Pemeriksaan dengan cara berdiri di depan cermin

Berdiri di depan cermin kemudian periksa dengan cara menyentuh payudara. Angkat tangan dan lihatlah apakah terjadi perubahan bentuk atau tidak. Lakukan gerakan memutar di sekitar payudara untuk memastikan adanya benjolan atau tidak . Selain berdiri di depan cermin, anda juga bisa melakukannya dengan cara sambil tidur terlentang. Waspadalah jika terasa ada benjolan atau cairan keluar dari puting.  Rabalah payudara dan tekan perlahan. Rasakan apakah ada rasa sakit atau tidak.

2. Tanyalah pada orang yang ahli atau sembuh dari penyakit ini. Jika anda tidak mengenalnya di dunia nyata, maka anda bisa mencari informasi lewat internet.

3. Jagalah pola hidup sehat.

Dengan memeriksa keadaan diri sendiri, maka anda telah melakukan upaya antisipasi terhadap munculnya penyakit kanker payudara dan penyebabnya.

Kenali Penyakit Kanker Payudara dan Penyebabnya dari Segi Eksternal

Beberapa faktor eksternal seperti berikut ini dapat menjadi pemicu timbulnya kanker payudara:

1. Berdasarkan penelitian oleh para ahli dari University of Liverpool, diketahui bahwa konsumsi sayur dan buah yang menggunakan bahan pestisida untuk mengusir hama dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

2. Wanita yang menjadi perokok pasif juga dapat terkena resiko penyakit ini. Hal ini berdasarkan penelitian para ahli dari California Environmental Protection Agency.

3. Pemberian hormon Diethylstilbestrol  bagi wanita hamil untuk mengurangi resiko keguguran dapat menyebabkan meningkatnya kasus penyakit kanker payudara.

Demikian artikel mengenai penyakit kanker payudara dan penyebabnya. Semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan sejak awal.

Related Posts

Leave a Comment