Apa Manfaat, Khasiat Dan Kegunaan Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Wajah Wanita ?

by admin
0 comment

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang sedang populer saat ini. Teh hijau merupakan jenis teh yang dibuat dari daun dan pucuk tanaman Camellia sinensis. Teh hijau tidak mengalami proses penghancuran dan proses oksidasi yang biasa dilakukan pada pengolahan teh hitam biasa. Teh hijau berasal dari Cina dan saat ini sudah menyebar hampir ke seluruh belahan dunia.

Secara umum, sebagian besar kandungan dari teh hijau adalah air. Kandungan lainnya terdapat kafein, thiamine, riboflavin, niacin, vitamin B6, vitamin C dan beberapa mineral penting. Teh hijau dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan seperti pencegah kanker, penurun tekanan darah, pengontrol gula darah, penurun kolesterol dalam darah, pereda alergi, hingga penurun berat badan. Di samping manfaatnya terhadap kesehatan tubuh secara umum, teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Tidak heran banyak produk kecantikan yang mengandung ekstrak teh hijau di dalamnya. Kira-kira apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan wajah wanita? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Teh hijau dapat mengatasi masalah jerawat

Teh hijau merupakan antibacterial agent yang sangat baik. Kemampuan anti bakteri ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan polyphenol dalam teh hijau mampu merusak membran bakteri dan melawan infeksi bakteri pada kulit. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, mengingat salah satu penyebab jerawat adalah pertumbuhan dan infeksi bakteri terhadap kulit wajah, khususnya bagian pori-pori wajah. Teh hijau membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menjadikan kulit wajah lebih halus dan cerah.

  • Teh hijau dapat meremajakan kulit

Teh hijau juga dapat meremajakan kulit dan membuat kulit tampak awet muda. Teh hijau sangat tinggi akan kandungan vitamin B2 dan vitamin E. Keduanya sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin B2 memiliki peran penting dalam memelihara kadar kolagen dalam kulit sehingga membuat kulit tampak awet muda dan kencang. Sementara itu, vitamin E menstimulasi pertumbuhan sel kulit, sehingga memelihara kesehatan dan kecantikan sel kulit wajah.

  • Teh hijau dapat menghilangkan lingkaran hitam dan kantung mata

Memiliki masalah dengan lingkaran hitam dan kantung mata? Teh hijau adalah solusi yang tepat. Teh hijau mengandung kafein dan tannin yang membantu memperlancar aliran darah di sekitar mata, membuatnya efektif dalam mengatasi mata bengkak berkantung dan lingkaran hitam pada mata. Antioksidan dalam teh hijau juga bekerja membantu menutrisi dan mencerahkan area mata, sehingga wajah Anda tampak lebih segar tanpa lingkaran hitam dan kantung mata.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengompres mata dengan teh hijau. Caranya yaitu seduh dua kantong teh hijau untuk diminum. Peras kantongnya untuk mengeluarkan kelebihan cairan. Simpan kantong teh hijau di dalam kulkas selama 10 – 20 menit. Setelah itu, tempelkan kantong teh hijau dingin di mata dengan keadaan mata tertutup. Biarkan selama 30 menit.

  • Teh hijau dapat menjaga kelembaban kulit wajah

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Kandungan vitamin E dalam teh hijau berperan sebagai hidrator bagi kulit, menjadikan kulit terhidrasi dengan baik sehingga terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih sehat, dan halus serta terbebas dari masalah pengelupasan kulit yang berlebihan.

  • Teh hijau mampu mengatasi masalah kulit berminyak

Kulit berminyak merupakan masalah yang menjengkelkan. Tidak hanya membuat make up lebih cepat luntur, kulit berminyak juga lebih rentan terkena jerawat. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau mengandung EGCG yang berperan sebagai anti-adrogenic. Androgen adalah hormon yang diproduksi tubuh yang dapat memicu kerja kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Dengan adanya EGCG ini fungsi dari hormon androgen akan ditekan sehingga kelenjar minyak tidak memproduksi minyak secara berlebih. Hal ini membuat teh hijau efektif untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

  • Teh hijau dapat mencegah dan memperlambat proses penuaan

Meminum teh hijau atau mengaplikasikan teh hijau ke kulit wajah dapat membantu mengatasi proses penuaan. Kuncinya terdapat dalam kandungan antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau. Antioksidan ini akan melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kerusakan jaringan kulit. Antioksidan juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mengurangi keriput pada wajah. Selain itu, antioksidan dalam teh hijau juga melindungi kulit dari photoaging, yaitu penuaan pada kulit yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari. Antioksidan bekerja melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menjadikan kulit terhindari dari penuaan dini dan mencegah munculnya garis halus dan kerutan pada wajah.

  • Teh hijau dapat mengecilkan pori dan mencegah komedo

Teh hijau merupakan solusi bagi masalah pori-pori terbuka dan komedo. Teh hijau dikenal sebagai natural astringent, yaitu zat alami yang dapat mengecilkan pori-pori kulit. Selain bermanfaat membersihkan kotoran dan minyak berlebih hingga ke pori-pori, teh hijau dapat mengecilkan pori dan membuat kulit lebih kencang. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya kotoran dan debu ke dalam pori-pori kulit sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat dan komedo pada wajah.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan kulit, Anda dapat mengonsumsi teh hijau secara rutin, menggunakannya sebagai masker, atau memakai produk perawatan kulit wajah yang mengandung ekstrak teh hijau. Konsumsi teh hijau secara rutin akan membantu menyehatkan dan meningkatkan kecantikan kulit dari dalam. Sementara itu, pemakaian produk atau masker teh hijau secara topikal dapat menyehatkan kulit dari luar.

Cara mengaplikan teh hijau ke kulit secara topikal ke kulit adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam seduhan daun teh hijau, kemudian aplikasikan ke seluruh bagian wajah. Untuk memaksimalkan kerjanya teh hijau juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain. Salah satu cara membuat masker teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan kulit yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan : 2 – 3 kantung teh hijau, 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan madu, dan air secukupnya (opsional)
  • Seduh teh hijau dalam segelas air, biarkan kantung teh hijau terendam selama 1 jam. Dinginkan kantung teh hijau, lalu buka kantungnya dan pisahkan daun teh hijaunya.
  • Masukkan daun teh hijau ke wadah kecil. Tambahkan baking soda dan madu hingga berbentuk pasta. Jika terlalu padat, tambahkan beberapa tetes air ke dalam campuran.
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker. Hal ini bertujuan agar masker dapat menyerap hingga ke dalam pori-pori kulit.
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah hingga merata sambil dipijat sesekali untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran.
  • Biarkan masker di permukaan kulit selama 10 – 15 menit.
  • Bilas masker dengan menggunakan air hangat hingga bersih
  • Untuk hasil optimal, lakukan perawatan 1 – 3 kali seminggu

Teh hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah wanita. Penggunaannya pun sangat praktis dan dapat dipraktikkan di rumah. Pastikan Anda memasukkan teh hijau ke dalam rangkaian perawatan wajah Anda dan dapatkan kulit wajah yang sehat dan cantik.

Related Posts

Leave a Comment