Apa Manfaat, Khasiat,& Kegunaan Buah Plum untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

by admin
0 comment

Saat ini buah plum mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah plum dapat kita temui dengan mudah di berbagai supermarket dan toko buah terdekat. Buah plum merupakan buah dari genus Prunus. Buah plum jenis tertentu berasal dari daerah yang berbeda-beda, seperti Prunus domestica yaitu plum berwarna merah atau ungu yang berasal dari Eropa Timur dan pegunungan Kaukasia, Prunus salicina atau plum berwarna kehitaman dan Prunus simonii yang berasal dari Asia.

Buah plum termasuk buah berukuran sedang dengan diamater antara 2 sampai 7 cm dan berbentuk bulat bola atau lonjong. Daging buahnya padat dan berair, serta membungkus satu buah biji plum tunggal. Kulit buahnya halus dengan permukaan ditutupi lilin alami berwarna putih yang dikenal dengan sebutan “wax bloom”.

Hampir 87% dari buah plum adalah air, 11% karbohidrat, 1% protein, dan kurang dari 1% lemak. Dalam 100 gram buah plum terdapat sekitar 46 kalori, dan 9,5 mg vitamin C. Buah plum juga mengandung beberapa vitamin lain dalam jumlah yang sedikit, seperti vitamin A, B, E, dan K, serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfat, kalium, natrium, dan zink. Kandungan berbagai nutrisi tersebut menjadikan buah plum sebagai buah yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan.

Buah plum disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, karena buah plum dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kehamilan dan membantu proses menyusui. Apa saja manfaat buah plum untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui? Serta bagaimana buah plum dapat bermanfaat untuk ibu hamil dan ibu menyusui? Mari kita bahas selengkapnya dalam uraian berikut ini.

  1. Buah plum dapat mengatasi masalah konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar merupakan masalah yang paling sering terjadi pada ibu hamil, khususnya ibu hamil pada trimester pertama dan trimester ketiga kehamilan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya konstipasi pada ibu hamil. Peningkatan kadar hormon progesteron selama masa kehamilan menyebabkan penurunan kontraktilitas saluran pencernaan, menjadikan sisa makanan bergerak lebih lambat saat melewati usus besar, menyebabkan penyerapan cairan oleh usus besar menjadi meningkat, sehingga feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Ibu hamil juga cenderung kurang beraktivitas sehingga pencernaan tidak terstimulasi dengan baik. Selain itu, faktor makanan yang kurang serat, kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi, konsumsi suplemen zat besi dan kalsium, serta pembesaran rahim yang menekan usus, juga dapat berkontribusi terhadap munculnya keluhan konstipasi pada ibu hamil.

Buah plum merupakan buah yang tinggi serat. Dalam 1 porsi buah plum terdapat sekitar 1,5 gram serat. Serat ini sangat efektif mengatasi masalah konstipasi, dengan cara menstimulasi pergerakan usus, dan melancarkan pencernaan. Sisa makanan akan bergerak dengan lancar dan feses tidak keras. Ibu hamil pun dapat buang air besar dengan lebih lancar.

Selain konsumsi buah plum secara rutin, ibu hamil juga disarankan untuk banyak bergerak dan melakukan olah raga ringan, mengonsumsi lebih banyak air putih, mengurangi minuman soda, serta minum air hangat untuk menstimulasi pergerakan usus.

  • Buah plum dapat mencegah terjadinya hemoroid

Hemoroid atau wasir merupakan masalah pelebaran pembuluh darah di sekitar anus. Hemoroid dapat terjadi akibat tingginya hormon progesteron yang memicu pelebaran pembuluh darah dan akibat pembesaran rahim yang menekan usus bagian bawah dan rektum. Hemoroid paling sering terjadi pada ibu hamil yang mengalami konstipasi, kurang minum, makanan tidak bergizi, perokok, atau ibu hamil yang memiliki riwayat hemoroid sebelumnya.

Buah plum merupakan buah yang kaya serat, sehingga dapat meminimalkan resiko terjadinya hemoroid dengan cara melancarkan buang air besar. Serat dalam buah plum juga dapat melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ketika buang air besar lebih lancar maka ibu hamil tidak perlu mengedan dan dapat mengurangi tekanan pada area anus. Disarankan juga ibu hamil untuk mengangkat kaki ketika buang air besar untuk mengurangi tekanan pada anus dan mencegah hemoroid.

  • Buah plum mengatasi masalah gas berlebih dan kembung

Peningkatan kadar hormon progesteron selama masa kehamilan yang menyebabkan penurunan motilitas atau pergerakan saluran cerna juga dapat menimbulkan gas berlebih. Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, maka rahim akan semakin membesar. Pembesaran rahim ini akan menekan usus yang berada di belakangnya dan mengakibatkan gangguan dalam proses pencernaan makanan dan sisa makanan. Makanan dan sisa makanan akan bergerak lebih lambat saat melewati usus, atau bahkan berhenti beberapa saat. Hal ini memungkinkan bakteri dalam usus untuk memproduksi gas lebih banyak, menyebabkan ibu hamil lebih sering buang angin dan merasakan kembung pada perut.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buah plum memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menstimulasi pergerakan usus. Dengan demikian, makanan akan dapat melewati usus dengan kecepatan yang normal dan meminimalisir pembentukan gas. Selain itu, hindari juga makanan pembentuk gas seperti buncis, kol, bawang merah, dan makanan tinggi gula putih, hindari juga mengunyah permen karet, meminum minuman dengan sedotan, dan hindari mengonsumsi keju dan daun mints.

  • Buah plum dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi

Hingga usia 6 bulan, bayi hanya mendapatkan nutrisi dari ASI. Kandungan nutrisi dari ASI juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Oleh karena itu, ibu wajib mengonsumsi makanan yang bergizi agar ASI yang diberikan kepada bayi juga memiliki nutrisi yang lengkap.

Buah plum merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup banyak, yaitu sekitar 9,5 mg dalam 100 gram buah plum. Vitamin C ini berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh bayi dari berbagai penyakit infeksi, seperti infeksi virus dan bakteri. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi bayi karena pada 6 bulan pertama biasanya bayi akan mudah sakit dan terserang infeksi seperti flu. Konsumsi buah plum secara rutin bagi ibu menyusui sangat direkomendasikan.

  • Buah plum dapat membantu menurunkan berat badan ibu

Setelah melahirkan, ibu memiliki PR khusus, yaitu mengembalikan berat badan ke berat badan normal. Secara alami penurunan berat badan dapat terjadi dengan menyusui anak, namun tentunya perlu dibantu dengan konsumsi makanan porsi cukup dan bergizi seimbang.

Buah plum merupakan buah yang baik untuk program diet. Konsumsi buah plum dapat membuat ibu merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Hal ini mencegah ibu mengalami kelaparan dan makan berlebih selama proses menyusui. Ibu juga tidak perlu takut naik berat badan akibat mengonsumsi buah plum, karena buah plum memiliki jumlah kalori yang sedikit dan rendah lemak, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Buah plum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Ibu dapat mengonsumsi buah plum secara langsung atau dibuat jus dan dicampur bahan lain untuk menambah khasiatnya. Pastikan ibu mengonsumsi buah plum setiap hari ya dan dapatkan kesehatan tubuh yang maksimal.

Related Posts

Leave a Comment