Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Keguanaan Madu untuk Kesehatan Bibir

by admin
0 comment

Madu merupakan minuman yang sudah sangat terkenal dan sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Madu merupakan cairan kental dan manis yang dibuat oleh lebah dan beberapa jenis serangga tertentu lainnya. Lebah membuat madu dari sari-sari bunga yang manis dan mengandung gula atau yang dikenal dengan nektar bunga. Madu ini kemudian disimpan dalam tempat madu (honeycomb) yang terbuat dari bahan lilin. Madu yang dihasilkan oleh lebah sangat bergantung kepada jenis lebah yang membuatnya. Madu dengan jenis yang berbeda akan menghasilkan madu yang berbeda pula.

Madu memiliki rasa manis disebabkan karena kandungan monosakarida jenis fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalamnya. Madu merupakan makanan dengan kandungan energi yang tinggi. Dalam 100 gram madu terdapat sekitar 304 kilokalori energi dengan kandungan nutrien lainnya yang sedikit. 82% dari madu merupakan karbohidrat, 17% air dan rendah lemak, serat, dan protein. Hampir semua mikroorganisme tidak dapat tumbuh di dalam madu, sehingga madu yang disimpan di tempat tertutup tidak akan basi hingga ribuan tahun.

Madu sudah diproduksi dan digunakan sejak zaman dahulu. Diperkirakan madu sudah digunakan manusia sejak 8.000 tahun yang lalu. Hingga saat ini madu masih banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk sajian makanan dan minuman, difermentasi, dan digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh. Salah satunya madu dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir. Apa saja manfaat madu untuk kesehatan bibir dan bagaimana menggunakannya? Mari kita bahas dalam penjelasan berikut.

  1. Madu dapat mengatasi bibir pecah-pecah

Masalah bibir pecah-pecah dapat terjadi kapan saja, terutama ketika cuaca panas dan kering. Atau jika tidak karena cuaca, bibir pecah-pecah juga dapat terjadi akibat efek sinar matahari atau penggunaan produk kosmetik yang membuat bibir menjadi kering. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah Anda dapat menggunakan lip balm atau jika lebih senang yang alami, bisa juga dengan menggunakan madu.

Beberapa penelitian menunjukkan madu memiliki efek anti mikroba, anti inflamasi, dan dapat menyembuhkan luka. Manfaat madu tersebut mendasari penggunaan madu untuk kesehatan dan perawatan kulit dan bibir, serta berbagai masalah kesehatan lainnya. Madu akan membantu melembabkan bibir dan melindungi bibir pecah-pecah dari infeksi. Pilihlah madu organik, kemudian aplikasikan madu ke bibir dengan menggunakan jari atau cotton swab. Jika perlu aplikasikan lagi selama beberapa kali sehari jika bibir mulai terasa kering kembali.

  • Madu dapat melembabkan bibir

Bibir yang lembab merupakan bibir yang sehat. Dengan kondisi bibir yang lembab, bibir akan tampak lebih sehat dan penampilan akan semakin sempurna. Selain itu, bibir yang lembab membuat lipstick yang digunakan tampak lebih menyatu dengan bibir dan dapat meng cover bibir lebih sempurna.

Untuk mendapatkan bibir yang terjaga kelembabannya, Anda dapat menggunakan madu. Madu merupakan humectant alami, yang artinya madu dapat menarik cairan dan kelembaban dari udara seperti magnet dan menguncinya di dalam kulit bibir. Dengan demikian, madu membantu untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Bibir pun akan terasa lebih halus dan lembut. Caranya mendapatkan manfaat ini sangat mudah, Anda tinggal mengoleskan madu ke bibir yang telah dibersihkan sebelumnya. Aplikasikan sambil dipijat lembut dengan ujung jari. Biarkan madu selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Selanjutnya Anda dapat mengaplikasikan lip balm atau lipstick sesuai dengan kebutuhan.

  • Madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan bibir

Tidak hanya sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang harus diangkat, namun sel-sel kulit mati di permukaan bibir juga harus diangkat. Jika sel-sel kulit mati di bibir dibiarkan menumpuk maka akan membuat bibir tampak lebih kusam dan warnanya tidak sehat. Hal tersebut akan membuat penampilan tanpa make up Anda tampak kusam dan tidak terawat.

Madu memiliki kandungan alami seperti antioksidan, enzim, dan nutrien. Enzim di dalam madu dapat berperan sebagai exfoliator alami yang bekerja melepaskan dan mengangkay sel-sel kulit mati dari permukaan bibir. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mencampurkan madu dengan baking soda. Campurkan madu dan baking soda dengan perbandingan 2 : 1. Setelah tercampur merata aplikasikan campuran ke bibir yang telah dibersihkan, sambil digosok dengan gerakan memutar. Kemudian bilas hingga bersih. Cara ini akan membuat kulit bibir menjadi lebih segar dan warnanya tampak lebih cerah.

  • Madu dapat melindungi bibir dari efek sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan kulit dan bibir. Paparan sinar matahari dapat menimbulkan radikal bebas yang membuat kerusakan pada sel-sel di bibir dan dapat menimbulkan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Radikal bebas dapat mengganggu kesehatan bibir dan mengakibatkan kerusakan bibil hingga ke tingkat DNA nya.

Madu merupakan salah satu zat yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam madu akan membantu melawan radikal bebas dan melindungi bibir dari kerusakan akibat efek sinar matahari. Karakteristik madu yang dapat melembabkan bibir dan menjaga status hidrasinya, membuat bibir sehat dan terhindar dari kekeringan. Anda dapat mengaplikasikan madu ke permukaan bibir sebelum tidur dan mengaplikasikannya lagi pada siang hari untuk melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari.

  • Madu dapat membuat bibir berwarna pink dan lembut

Bibir pink yang lembut merupakan impian dari banyak orang. Tidak hanya membuat penampilan lebih maksimal, namun bibir pink dan lembut merupakan salah satu tanda bahwa bibir sehat. Bibir dapat menghitam akibat berbagai faktor, seperti dehidrasi, merokok, penggunaan produk kosmetik setiap saat, hiperpigmentasi, paparan sinar matahari berlebih, anemia, suplai darah yang tidak maksimal, konsumsi kafein dan minuman panas, kosmetik dengan kualitas rendah, serta ketidakseimbangan hormon. Warna bibir yang menghitam membuat tampilan wajah menjadi kusam dan tidak terawat.

Untuk mendapatkan bibir yang pink dan halus, Anda dapat menggunakan scrub madu dan gula. Scrub ini sangat halus, sehingga sangat cocok untuk kondisi bibir yang sensitif. Scrub gula dikenal efektif untuk exfoliation. Scrub ini akan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat bibir tampak gelap dan tidak indah.

Anda dapat menggunakan gula putih atau brown sugar untuk membuat scrub ini. Namun brown sugar lebih disarankan jika Anda menginginkan scrub yang lebih lembut. Brown sugar juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi bibir dari sinar ultraviolet. Glycolic acid dalam gula juga dapat mengondisikan dan melindungi bibir dari toksin.

Sementara itu, madu juga merupakan humectant alami yang mengikat kelembaban dalam bibir. Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat bibir lebih terhidrasi dan sehat. Enzim di dalam madu juga membantu mencerahkan wana bibir.

Anda dapat membuat scrub madu dan gula dengan cara mencampurkan 1 sendok makan brown sugar dengan 1 sendok makan madu. Aduk hingga merata. Aplikasikan scrub ke permukaan bibir dengan jari, lalu pijat lembut selama 1 menit. Pijatan ini bermanfaat untuk membantu exfoliation dan memaksimalkan sirkulasi darah ke bibir. Biarkan scrub di bibir selama beberapa menit sebelum dibilas dengan menggunakan air. Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali seminggu hingga muncul perubahan pada bibir.

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bibir. Pastikan Anda selalu menyediakan madu di rumah sebagai perawatan bibir utama. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil yang maksimal dan dapatkan bibir yang sehat, lembut, dan lembab.

Related Posts

Leave a Comment