Apa Saja Manfaat, Khasiat & Kegunaan Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Ibu Hamil 8 – 9 Bulan yang Perlu Mom’s Ketahui ?

by admin
0 comment

Hamil merupakan masa-masa yang penting bagi seorang wanita. Pada saat kehamilan, ibu tidak hanya memikirkan kondisi kesehatannya, namun juga kondisi kesehatan bayi yang dikandungnya. Setiap bulan kehamilan merupakan masa yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Pada usia kehamilan 8 – 9 bulan janin mulai matur dan mengalami penyempurnaan akhir. Pada usia 33 – 38 minggu ini, testis sudah mengalami penurunan dan berada pada skrotum pada janin laki-laki, terjadi peningkatan lemak tubuh, kuku sudah mencapai ujung jari secara sempurna, dan ibu dapat menyuplai antibodi untuk janin untuk pertahanan tubuhnya dari berbagai penyakit. Pada usia kehamilan 8 – 9 bulan ini, ibu perlu menjaga dan memaksimalkan kesehatannya guna mempersiapkan diri untuk persalinan, karena persalinan yang normal tanpa penyulit membutuhkan kondisi ibu yang fit dan sehat.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu pada usia kehamilan 8 – 9 bulan adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda merupakan sumber nutrien terbaik bagi ibu hamil. Air kelapa muda mengandung klorida dan elektrolit penting lainnya, riboflavin, kalsium, magnesium, dan vitamin C. Kandungan nutrien tersebut membuat air kelapa muda banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama pada usia kehamilan 8 – 9 bulan. Beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ibu hamil 8 – 9 bulan, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Air kelapa muda mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa muda merupakan minuman yang sehat, dingin menyegarkan dan bebas lemak. Air kelapa muda menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dan mengembalikan kadar cairan dan elektrolit yang normal. Kandungan gula, protein dan natrium dalam air kelapa muda membantu menjaga kadar cairan dan elektrolit harian tubuh agar tetap normal dan tercukupi dengan baik. Hal ini sangat penting terutama ketika usia kehamilan 8 – 9 bulan, dimana ibu sedang mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, sehingga membutuhkan banyak cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

  • Air kelapa muda dapat melindungi dari infeksi

Penelitian menunjukkan konsumsi air kelapa muda saat kehamilan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengoptimalkan fungsi ginjal, dan mencegah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sangat mungkin terjadi pada ibu hamil terutama usia kehamilan 8 – 9 bulan, dimana terjadi peningkatan frekuensi buang air kecil yang disebabkan oleh penekanan kandung kemih oleh janin. Dengan konsumsi air kelapa muda, maka dapat meminimalisir resiko terjadinya infeksi saluran kemih pada ibu.

  • Air kelapa muda dapat menjaga berat badan agar tetap normal

Air kelapa muda merupakan minuman yang enak dan menyegarkan. Tidak seperti minuman manis lainnya, air kelapa muda ini memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga ibu tidak perlu takut berat badan bertambah melebihi normal akibat mengonsumsi air kelapa muda. Kandungan serat dan omega fatty acid juga direkomendasikan untuk ibu hamil untuk menjaga agar berat badannya tetap normal. Selain itu, air kelapa muda juga tidak mengandung kolesterol dan membantu meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh, serta mencegah penumpukan kelebihan sel-sel lemak di dalam tubuh. Berat badan ibu yang normal dapat memudahkan ketika proses persalinan.

  • Air kelapa muda dapat melancarkan pencernaan

Air kelapa muda dapat memperbaiki proses pencernaan, menguatkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, memelihara dan meregulasi pH di dalam tubuh. Hal tersebut selanjutnya dapat memperbaiki metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Kandungan serat dalam air kelapa muda juga dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi yang biasa terjadi ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga.

  • Air kelapa muda dapat meredakan heartburn dan indigestion

Heartburn adalah kondisi ketika kita merasakan sensasi perih dan panas seperti terbakar pada dada, sedangkan indigestion atau dispepsia adalah perasaan ketidaknyamanan di perut bagian atas selama atau setelah makan. Heartburn dan indigestion pada ibu hamil trimester ketiga terjadi karena tingginya kadar progesteron, yang kemudian menyebabkan relaksasi pada cardiac sphincter, sehingga makanan dan cairan lambung dapat mengalir berbalik arah ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi pada kerongkongan akibat isi lambung yang asam. Iritasi ini kemudian menyebabkan sensasi perih seperti terbakar pada dada dan biasanya terjadi setelah makan. Air kelapa muda berperan sebagai penetralisir keasaman, sehingga dapat meredakan dan mencegah terjadinya heartburn ketika hamil usia 8 – 9 bulan.

  • Air kelapa muda dapat meningkatkan sistem imun ibu

Air kelapa muda sangat kaya akan vitamin penting, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh, sehingga melindungi ibu dari serangan berbagai macam penyakit. Air kelapa muda mengandung lauric acid, yang bertanggung jawab terhadap produksi disease-fighting acid yang dikenal dengan monolaurin. Monolaurin ini dapat mencegah penyakit infeksi, terutama flu.

  • Air kelapa muda dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kekurangan elektrolit penting dapat meningkatkan tekanan darah. Air kelapa muda mengandung banyak elektrolit penting, seperti kalium, magnesium, dan lauric acid, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah. Air kelapa muda juga meningkatkan kolesterol baik dan melawan kolesterol buruk. Kandungan vitamin, protein, dan elektrolit dalam air kelapa muda dapat mengontrol gula darah, dan tekanan darah serta memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh. Konsumsi air kelapa muda sangat baik saat kehamilan trimester ketiga karena dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan memperlancar persalinan.

  • Air kelapa muda dapat memperbaiki cairan ketuban

Konsumsi air kelapa muda dapat memperbaiki kesehatan ibu secara keseluruhan dan memfasilitasi perkembangan janin dengan baik. Konsumsi air kelapa muda khususnya pada trimester ketiga kehamilan dapat meningkatkan dan memperbaiki jumlah cairan ketuban dalam perut ibu, meningkatkan volume darah, dan melancarkan sirkulasi di dalam tubuh. hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan baik untuk mempersiapkan proses persalinan.

Banyaknya manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ibu hamil 8 – 9 bulan, menjadikan konsumsi air kelapa muda sangat disarankan bagi ibu hamil. Namun perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Tidak disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda sebagai pengganti air minum biasa. Air minum biasa tetap menjadi prioritas utama untuk dikonsumsi. Dan disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda yang masih segar, yang diminum langsung setelah dibuka dari buah kelapanya. Air kelapa muda yang segar memiliki kandungan nutrien yang masih terjaga dan baik untuk tubuh. Namun meskipun demikian, air kelapa muda bukan satu-satunya sumber nutrien yang harus dikonsumsi ibu hamil. Ibu hamil tetap perlu mengonsumsi berbagai buah, sayur, dan daging-dagingan untuk mendapatkan berbagai jenis nutrien lain yang tidak kalah penting. Ibu harus mengonsumsi makanan yang beragam agar mendapatkan seluruh nutrisi yang baik untuk kesehatan, dan jangan lupa untuk disempurnakan dengan mengonsomsi air kelapa muda setiap hari.

Related Posts

Leave a Comment