Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Kegunaan Buah Semangka untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

by admin
0 comment

Semangka merupakan buah segar yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Semangka atau Citrullus lanatus merupakan tumbuhan yang tumbuh merambat dan berasal dari Afrika Selatan. Namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia yang beriklim tropis dan subtropis. Buah semangka memiliki kulit buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau kuning dan memiliki banyak biji berwarna hitam. Rasanya manis dan segar. Buah semangka dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus atau dicampur dalam salad buah.

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu mencapai 91% dari keseluruhan buah. Mengandung 6% gula dan rendah lemak. Dalam 100 gram buah semangka hanya terdapat sekitar 30 kalori dengan berbagai macam vitamin. Vitamin paling tinggi dalam buah semangka yaitu vitamin C sebanyak 8,1 mg atau 10% dari kebutuhan harian. Buah semangka juga mengandung karotenoid dan likopen, serta beberapa mineral penting seperti megnesium, kalium, dan zat besi.

Buah semangka memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan, termasuk jika dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Buah semangka dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan bayi. Apa saja manfaat buah semangka untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui? Bagaimana buah semangka bisa bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Buah semangka dapat meredakan dan mengatasi heartburn

Heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada akibat iritasi pada kerongkongan. Heartburn pada ibu hamil disebabkan oleh tingginya kadar hormon progesteron yang mangakibatkan relaksasi pada cardiac sphincter, yaitu otot yang membatasi antara lambung dan kerongkongan. Relaksasinya cardiac sphincter ini menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Karena cairan lambung ini bersifat asam, maka dapat mengiritasi dinding kerongkongan dan menyebabkan sensasi terbakar. Heartburn terjadi pada 70% ibu hamil, terutama paling sering terjadi ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Nyeri heartburn dapat menjalar hingga ke leher dan tenggorokan. Nyeri semakin parah ketika ibu hamil berbaring, membungkuk, atau memakai pakaian ketat.

Buah semangka merupakan buah yang menyejukkan bagi lambung dan saluran cerna. Buah semangka dapat mengatasi dan meredakan gejala heartburn. Kandungan buah semangka yang tinggi air dan sejuk dapat mengurasi sensasi terbakar dan nyeri pada dada dengan cepat. Selain itu, hindari juga tidur pada waktu 1 – 3 jam setelah makan, hindari makanan yang dapat menstimulasi pengeluaran asam lambung berlebih seperti makanan pedas, coklat, kopi, sida, dan peppermint, serta hindari makan dengan porsi terlalu besar.

  • Buah semangka dapat mengurangi pembengkakan

Pembengkakan merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu hamil. Pembengkakan terjadi akibat peningkatan hormon dan volume darah di dalam tubuh ibu. Natrium dan air lebih banyak disimpan di dalam tubuh dan rasa haus juga meningkat. Pembengkakan paling sering terjadi di area tungkai dan kaki, serta semakin parah jika berdiri atau duduk lama.

Buah semangka merupakan buah yang tinggi akan air. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi sumbatan pada vena dan otot, sehingga membantu mengurangi pembengkakan. Ibu juga disarankan untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari hati untuk mengurangi pembengkakan, hindari berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, serta berbaring ke sebelah kiri untuk mencegah rahim menekan pembuluh darah vena besar di dekat jantung. Selain itu, ibu juga harus menghindari makanan tinggi natrium seperti keripik, kerupuk, dan camilan asin.

  • Buah semangka dapat mencegah dehidrasi

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air selama kehamilan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur dan meningkatkan resiko terjadinya kelahiran bayi prematur. Buah semangka merupakan buah yang kaya akan air. Kandungan air dalam buah semangka mencapai 91% dari total keseluruhan buahnya. Mengonsumsi buah semangka merupakan cara yang menyenangkan dan mudah untuk tetap terhidrasi dengan baik. Badan ibu akan terasa lebih sehat dan segar dengan buah semangka.

  • Buah semangka dapat mengurangi kram pada kaki

Kram pada kaki merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama ketika memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kram pada kaki ini dapat disebabkan oleh rahim dan janin yang menekan saraf dan pembuluh darah di sekitar area pinggang. Selain itu kram pada kaki juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan beberapa mineral tertentu seperti kalsium dan magnesium. Meregangkan otot tungkai secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kram pada kaki.

Buah semangka memiliki kandungan yang tinggi akan magnesium. Dalam 100 gram buah semangka terdapat sekitar 10 mg magnesium. Konsumsi buah semangka setiap hari dapat memenuhi kebutuhan magnesium harian dan mengurangi terjadinya kram pada kaki. Ibu juga dapat mengurangi kram kaki dengan cara mengompres otot yang mengalami kram dengan air hangat. Hindari meregangkan tungkai secara tiba-tiba dan berjalan secara berlebihan. Angkat kaki saat duduk untuk mengurangi tekanan.

  • Buah semangka dapat membantu melancarkan pencernaan

Konstipasi atau susah buang air besar merupakan masalah yang banyak terjadi pada ibu hamil. Konstipasi dapat disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron selama masa kehamilan. Peningkatan progesteron dapat menurunkan kontraktilitas saluran cerna, memperlambat pergerakan sisa makanan di usus besar, dan meningkatkan penyerapan cairan di usus besar, menjadikan feses menjadi kering, padat, dan sulit dikeluarkan. Faktor lain yang berkontribusi terhadap munculnya keluhan konstipasi pada ibu hamil adalah kurangnya asupan serat, kurangnya cairan, kurang aktivitas fisik, konsumsi suplemen zat besi dan kalsium. Ukuran rahim dan janin yang membesar juga dapat menekan usus dan menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Buah semangka merupakan buah yang tinggi serat dan tinggi air. Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melunakkan feses, dan memudahkan buang air besar. Kandungan air dalam buah semangka juga mempermudah pergerakan makanan dan sisa makanan di dalam usus. Buah semangka sangat efektif untuk mengatasi konstipasi pada ibu hamil. Selain itu, imbangi juga dengan aktivitas fisik, seperti senam hamil dan olah raga ringan setiap hari.

  • Buah semangka dapat melindungi bayi dari penyakit

Selama 6 bulan pertama, bayi mendapatkan nutrisi dari ibu dalam bentuk ASI. Kandungan nutrisi dalam ASI sangat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Oleh karena itu, ibu diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral. Salah satu nutrisi penting untuk bayi adalah vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi bayi dari penyakit. Buah semangka merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sehingga baik untuk dikonsumsi ibu menyusui agar bayinya tidak mudah sakit. Kebutuhan vitamin C yang tercukupi akan membuat bayi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Buah semangka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Pastikan ibu selalu menyediakan buah semangka di rumah untuk dikonsumsi setiap harinya, dan dapatkan tubuh sehat bagi ibu dan buah hati.

Related Posts

Leave a Comment