Apa Saja Manfaat, Khasiat,& Kegunaan Infused Water Lemon untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

by admin
0 comment

Jeruk lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang sudah sangat populer. Jeruk berwarna kuning ini memiliki nama latin Citrus limon. Jeruk lemon merupakan tanaman asli dari Asia Selatan, tepatnya di daerah India. Tumbuhan jeruk lemon dapat tumbuh subur di area tropis dan subtropis, serta dapat berbuah sepanjang tahun.

Lemon sangat kaya akan vitamin C. Dalam 100 gram jeruk lemon terdapat 53 mg vitamin C atau sekitar 64% dari kebutuhan harian. Jeruk lemon juga mengandung beberapa vitamin lain seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9 namun dalam jumlah yang sedikit. Kandungan mineral penting dalam buah lemon seperti kalsium, zat besi, mangan, kalium, fosfat, dan zink, juga cukup rendah. Selain itu buah jeruk lemon juga mengandung polifenol, terpenes, dan tanin dengan citric acid yang lebih tinggi dari buah jeruk lain.

Jeruk lemon biasanya diolah menjadi berbagai jenis minuman. Salah satunya yaitu dijadikan infused water lemon. Infused water lemon ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat infused water lemon untuk kesehatan tubuh? Mari kita bahas dalam penjelasan berikut ini.

  1. Infused water lemon dapat menjaga status hidrasi tubuh

Sebagian orang tidak dapat memenuhi kebutuhan cairan hariannya dikarenakan tidak suka dengan rasa air putih yang tawar. Hal tersebut juga membuat sebagian orang tersebut lebih mimilih minuman berasa lainnya seperti teh manis, kopi, susu, atau bahkan minuman bersoda. Minuman dengan perasa tersebut tergolong kurang sehat karena mengandung banyak kalori dan dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai rasa air putih, Anda dapat mencoba membuat infused water lemon. Menambahkan beberapa potong lemon ke dalam air putih Anda dapat menghilangkan rasa air putih yang tawar dan menjadikan minuman Anda lebih sehat. Infused water lemon juga dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak seperti air putih biasa dan tidak mengandung kalori yang banyak, sehingga Anda dapat minum lebih banyak dan dapat memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

  • Infused water lemon dapat membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, infused water lemon dapat memberikan Anda manfaat yang sangat penting, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan dan menyukseskan program diet Anda. Kandungan antioksidan polifenol dalam jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu antioksidan polifenol juga dapat meredakan keluhan dalam masalah gula darah yang tinggi, serta dapat memperbaiki resistensi insulin. Dengan mengonsumsi infused water lemon, Anda juga akan merasa kenyang lebih lama dan tidak kelaparan, sehingga dapat mengurangi asupan kalori dari makanan dan terhindar dari makan berlebih.

  • Infused water lemon dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit

Penuaan pada kulit dapat terjadi akibat pertambahan usia dan paparan matahari berlebih. Penuaan pada wajah ditandai dengan munculnya garis halus dan kerutan. Paparan sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan munculnya radikal bebas. Radikal bebas ini memiliki susunan materi yang tidak stabil, sehingga dapat merusak setiap jaringan dan sel yang ditempelinya, termasuk protein kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein yang berperan dalam menjaga keelastisan kulit. Ketika banyak kolagen yang rusak maka kulit akan kendur dan muncul garis halus serta kerutan.

Jeruk lemon merupakan buah kaya antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat untu melawan radikal bebas yang merusak sel kulit yang sehat. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam jeruk lemon juga bermanfaat untuk produksi kolagen dalam kulit. Dengan konsumsi infused water lemon, kulit akan terhindar dari radikal bebas, tampak lebih kencang, dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

  • Infused water lemon dapat melancarkan pencernaan

Di zaman modern seperti sekarang ini, konstipasi atau susah buang air besar tampaknya menjadi masalah yang banyak dialami. Makanan harian yang rendah serat, porsi makan besar dan tinggi karbohidrat, perilaku sedenter seperti menonton televisi dan seharian duduk di depan komputer, penggunaan kendaraan bermotor dan remote control merupakan kondisi keseharian yang meningkatkan resiko terjadinya konstipasi. Buang air besar yang tidak lancar akan mengakibatkan ketidaknyamanan dan membuat perut tampak buncit dan penuh.

Infused water lemon juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan citric acid dalam buah lemon dapat menstimulasi pergerakan saluran cerna dan memudahkan buang air besar. Asupan air yang cukup dalam infused water lemon juga membantu melancarkan pergerakan makanan dan sisa makanan di usus. Untuk melancarkan pencernaan, Anda dapat meminum infused water hangat atau dingin ketika bangun tidur. Seimbangi juga dengan asupan buah dan sayur kaya serat, dan perbanyak aktivitas fisik, agar pencernaan lancar dan terhindar dari masalah konstipasi.

  • Infused water lemon dapat mengatasi masalah bau mulut

Bau mulut merupakan masalah yang sangat mengganggu. Bau mulut sangat menghambat kita dalam berkomunikasi dengan orang lain dan seringkali membuat kita tidak percaya diri. Banyak faktor yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti konsumsi makanan dengan bau tajam (bawang putih, jengkol, petai), kurangnya kebersihan gigi dan mulut yang mengakibatkan tumbuhnya bakteri, dan kebiasaan tidak sehat seperti merokok.

Manfaat lainnya dari infused water lemon adalah mampu mengurangi dan mengatasi masalah bau mulut ini. Buah jeruk lemon dipercaya dapat menstimulasi produksi saliva. Saliva ini dapat membilas mulut dan membersihkan mulut secara alami. Selain itu, saliva juga berfungsi mencegah mulut kering, yang merupakan salah satu kondisi yang rentan mengakibatkan bau mulut. Untuk menghindari dan mengatasi bau mulut, Anda dapat mengonsumsi infused water lemon setiap habis makan dan pertama kali setelah bangun tidur di pagi hari.

  • Infused water lemon merupakan sumber vitamin C yang baik

Buah lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Dalam 100 gram buah lemon terdapat sekitar 53 mg vitamin C. Dengan mencampurkan 4 ons lemon ke dalam air, Anda sudah memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian. Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan pria sebanyak 90 mg. Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti membantu pembentukan kolagen yang penting untuk kesehatan kulit, tendon, dan ligamen, membantu penyerapan zat besi dari makanan, dan berperan penting dalam proses perbaikan tulang, gigi, dan kartilago.

  • Infused water lemon kaya akan antioksidan

Buah lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik. Flavonoid adalah antioksidan baik yang akan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Stress oksidatif ini akan menimbulkan kerusakan dalam tubuh. Radikal bebas dapat didapatkan dari berbagai faktor, seperti zat kimia, polusi, radiasi, dan paparan matahari. Antioksidan dalam buah lemon akan melindungi tubuh dan seluruh sel-sel di dalamnya dari bahaya radikal bebas yang dapat merusak tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit kronis.

Infused water lemon memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong lemon yang telah dicuci bersih, kemudian memasukkannya ke dalam air minum. Konsumsi infused water lemon sangat baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Related Posts

Leave a Comment