Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Kegunaan Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

by admin
0 comment

Minyak zaitun merupakan minyak yang mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Minyak zaitun dapat kita temui di berbagai toko kosmetik, minimarket, dan supermarket. Pada dasarnya, minyak zaitun merupakan cairan yang dihasilkan dari buah zaitun atau Olea europaea, yaitu tanaman pohon yang berasal dari Mediterania. Pohon zaitun telah dibudidayakan di Mediterania sejak 8.000 tahun sebelum masehi. Minyak zaitun diproduksi dengan cara menghancurkan buah zaitun dan diambil ekstraknya.

Minyak zaitun memiliki banyak sekali kegunaan. Minyak zaitun biasa digunakan untuk memasak, mulai dari menggoreng makanan atau sebagai campuran saus salad. Minyak zaitun juga digunakan untuk keperluan kosmetik, obat-obatan, sabun, dan sebagai bahan bakar lampu minyak tradisional, serta sering digunakan dalam ritual acara keagamaan.

Salah satu manfaat dari minyak zaitun adalah kemampuannya untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan rambut. Beberapa produk perawatan rambut bahkan memasukkan minyak zaitun sebagai bahan utamanya. Banyak yang mempercayai bahwa minyak zaitun adalah sahabat rambut yang sehat. Sebenarnya apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut dan bagaimana cara memanfaatkannya? Mari kita bahas dalam penjelasan berikut ini.

  1. Minyak zaitun dapat melembabkan dan menghaluskan rambut

Minyak zaitun berperan sebagai humectant alami, yang artinya minyak zaitun dapat menarik air dan kelembaban ke dalam rambut serta menguncinya. Hal ini bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap lembab dan terhindar dari kekeringan. Rambut yang lembab akan terasa lebih halus dan lembut. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menambahkan minyak zaitun ke dalam conditioner Anda dan gunakan conditioner tersebut setiap habis keramas. Rambut akan terjaga kelembabannya dan terasa lebih halus dan lembut.

  •  Minyak zaitun dapat memberi kilauan pada rambut dan membuat rambut bercahaya

Rambut yang berkilau dan bercahaya merupakan impian setiap orang. Selain tampak indah, rambut yang berkilau dan bercahaya juga menandakan kondisi rambut yang sehat. Untuk mendapatkan rambut yang berkilau dan bercahaya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan sedikit minyak zaitun ke rambut dan kulit kepala setiap hari, untuk memberikan kesan rambut berkilau dan bercahaya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan juga perawatan rambut lainnya seperti shampoo, conditioner, dan toner rambut. Namun perlu diingat untuk tidak berlebihan saat mengaplikasikan minyak zaitun, karena jika terlalu banyak dapat membuat rambut tampak lepek.

  • Minyak zaitun dapat mengatasi masalah rambut kusut

Rambut yang mudah kusut merupakan masalah rambut yang sangat mengganggu. Pasalnya, rambut yang mudah kusut benar-benar mengganggu penampilan dan memberikan kesan berantakan pada penampilan. Kita jadi harus sering-sering menyisir rambut, bahkan tidak jarang rambut sering tersimpul dan sulit untuk diuraikan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun termasuk ke dalam conditioning agents yang dapat membantu mengurangi friksi atau gesekan pada rambut, membantu menguraikan rambut, mencegah rambut tersimpul dan membuatnya lebih mudah diatur. Caranya yaitu dengan melakukan masker rambut dengan minyak zaitun. Ambil sedikit minyak zaitun, kemudian aplikasikan minyak ke rambut dan kulit kepala terutama pada bagian yang kering. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas minyak dari rambut dengan air hangat. Lalu keramas seperti biasa. Jika masih terasa berminyak dan lengket ulangi langkah pencucian rambut hingga benar-benar bersih.

  • Minyak zaitun dapat melindungi rambut dari kerusakan

Beberapa literatur menyatakan bahwa minyak zaitun dapat meresap hingga ke bagian dalam rambut dan mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada batang rambut. Hal ini sangat penting untuk kesehatan rambut, karena dengan berkurangnya pembengkakan pada batang rambut maka akan mengurangi stress atau tekanan pada rambut. Dengan demikian rambut akan terlindungi dari berbagai kerusakan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat melakukan masker rambut dengan minyak zaitun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Minyak zaitun dapat mengurangi ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering dialami oleh kebanyakan orang dan sangat mengganggu. Pada kondisi yang parah, ketombe dan kulit kepala yang mengelupas akan berjatuhan dan mengotori pakaian. Tentunya hal ini akan sangat memalukan jika dilihat oleh orang lain. Tak jarang masalah ketombe bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Pada dasarnya minyak zaitun tidak dapat mengobati ketombe. Pengobatan ketombe satu-satunya adalah dengan mengetahui penyebab pasti munculnya ketombe. Namun minyak zaitun dapat mengurangi ketombe dan kulit kepala yang mengelupas. Caranya yaitu dengan mengambil sedikit minyak zaitun, kemudian aplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat. Selanjutnya sisir rambut agar ketombe dan kulit kepala yang mengelupas berjatuhan atau menempel pada sisir. Kemudian biarkan minyak zaitun meresap ke rambut dengan cara membungkus rambut dengan shower cap. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat dan lakukan keramas seperti biasa.

  • Minyak zaitun dapat mengatasi ujung rambut yang bercabang

Ujung rambut yang bercabang dapat membuat tampilan gaya rambut tidak teratur dan terkesan berantakan. Jika Anda memiliki masalah dengan kondisi ujung rambut yang bercabang, Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun untuk mengatasinya. Minyak zaitun dapat menghaluskan ujung rambut yang rusak dan kering. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada ujung rambut, sekitar 2 inchi dari ujungnya. Meskipun Anda hanya mentreatment bagian ujung rambut, pastikan rambut diikat untuk mencegah minyak zaitun mengenai baju Anda.

  • Minyak zaitun dapat mengatasi masalah rambut rusak

Penggunaan hair dryer, catok, bleaching, pewarnaan, dan treatment rambut lainnya dapat menyebabkan rambut rusak. Zat-zat kimia yang digunakan bersifat keras dan dapat merusak protein rambut. Rambut yang rusak menjadi kering, bercabang, dan tampak tidak beraturan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun minimal setelah 72 jam dari waktu treatment rambut. Caranya ambil 1 – 2 sendok minyak zaitun, atau jika rambut Anda panjang dan tebal bisa menggunakan sekitar ¼ cup minyak zaitun. Kemudian aplikasikan minyak zaitun ke rambut selama beberapa menit sambil dipijat. Untuk hasil yang efektif, bungkus rambut dengan menggunakan shower cap dan biarkan meresap hingga 15 menit atau lebih. Setelah itu sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Hal ini akan memudahkan rambut untuk ditata setelahnya. Lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Selanjutnya keramaslah dengan menggunakan shampoo seperti biasa.

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Anda dapat memilih minyak zaitun murni atau extra-virgin olive oil untuk hasil yang lebih efektif bagi rambut Anda. Minyak zaitun jenis tersebut memiliki formula yang ringan serta tidak mengandung zat kimia yang menyebabkan rambut kering ketika digunakan berlebih. Minyak zaitun murni memiliki tekstur yang lebih tebal dan dapat melembabkan serta memberikan kilau pada rambut. Anda dapat membeli extra-virgin olive oil di grosir terdekat atau di toko kosmetik. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment