Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Kegunaan Susu Beruang untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

by admin
0 comment

Susu beruang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Susu dengan gambar beruang di depannya ini memiliki merk Bear Brand. Susu beruang atau Bear Brand merupakan susu sapi steril yang dimiliki oleh Nestle. Susu beruang dijual di hampir seluruh wilayah Asia Tenggara. Susu beruang dibuat dengan cara mengolah susu sapi melalui proses sterilisasi, kemudian diawetkan dengan suhu tinggi melebihi titik didihnya. Hal tersebut menjadikan susu beruang akan tetap awet di dalam kemasan kalengnya meski tanpa ditambahkan bahan pengawet buatan. Selama kemasannya tidak rusak, susu beruang akan terjaga kualitasnya hingga dikonsumsi oleh masyarakat.

Susu beruang atau Bear Brand memiliki nutrisi yang sangat banyak di dalamnya, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin A dan nutrisi penting lainnya. Susu beruang sangat direkomendasikan untuk semua kalangan, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Susu beruang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui. Apa saja manfaat susu beruang untuk kesehatan ibu hamil dan menyusui tersebut? Serta bagaimana susu beruang dapat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui? Simak penjelasannya dalam uraian berikut ini.

  1. Susu merupakan sumber vitamin D yang baik

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D sangat penting dalam masa kehamilan. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin D untuk mendukung kesehatan dirinya dan perkembangan bayinya. Asupan vitamin D yang cukup dapat mencegah terjadinya kelahiran bayi prematur dan mencegah infeksi pada ibu dan bayi. Penelitian menunjukkan vitamin D berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, pembelahan sel yang sehat, dan baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga penting untuk penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor.

Susu beruang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Konsumsi susu beruang selama masa kehamilan dapat memberikan berbagai manfaat dari vitamin D yang baik untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Susu beruang juga dikemas tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lain, sehingga kandungan vitamin D di dalamnya maksimal dan mencukupi kebutuhan ibu.

  • Susu beruang dapat mengurangi kram pada kaki

Kram pada kaki merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Biasanya kram pada kaki ini terjadi ketika memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan dan disebabkan oleh penekanan pada saraf dan pembuluh darah di area pinggang akibat rahim dan janin yang membesar. Asupan nutrisi yang kurang mineral kalsium dan magnesium juga dapat menyebabkan kram pada kaki. Selain itu, peregangan atau stretching yang tiba-tiba pada otot kaki juga berperan dalam menyebabkan kram pada kaki.

Susu beruang memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium dan magnesium. Kedua mineral tersebut dapat mengurangi kram pada kaki. Selain itu, ibu juga bisa mengompres otot kaki yang kram dengan menggunakan air hangat untuk membantu merilekskan otot kaki. Hindari melakukan stretching tiba-tiba pada kaki, hindari berjalan berlebihan, berdiri terlalu lama dan duduk dengan menyilangkan kaki. Ibu juga disarankan untuk mengangkat kaki saat duduk untuk mengurangi penekanan pada daerah pinggang.

  • Susu beruang dapat memaksimalkan pertumbuhan organ-organ bayi

Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang disimpan di dalam hati. Vitamin A sangat diperlukan oleh ibu hamil. Dalam satu hari ibu hamil membutuhkan sekitar 770 mcg vitamin A. Vitamin A ini bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam rahim, termasuk perkembangan jantung, paru, ginjal, mata, tulang, sistem sirkulasi, pernapasan, dan sistem saraf pusat. Susu beruang memiliki kandungan vitamin A di dalamnya dan dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A harian ibu. Dengan demikian, konsumsi susu beruang dapat membantu memaksimalkan perkembangan organ-organ pada janin.

  • Susu beruang dapat meredakan heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar pada dada yang terjadi akibat dinding kerongkongan yang iritasi. Heartburn disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan relaksasi pada cardiac sphincter, yaitu otot yang membatasi antara lambung dan kerongkongan. Ketika cardiac sphincter mengalami relaksasi maka cairan dari lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. Cairan lambung yang bersifat asam dapat mengiritasi dinding kerongkongan dan menyebabkan nyeri dan sensasi terbakar. Nyeri pada dada ini bisa menjalar hingga ke leher dan tenggorokan, serta semakin parah ketika ibu hamil berbaring, membungkuk, dan memakai pakaian yang ketat. Ukuran perut yang semakin besar juga dapat menghambat pengosongan lambung, sehingga makanan berada dalam lambung dalam waktu yang lebih lama.

Susu beruang memiliki sifat menyejukkan dan berperan sebagai antacid atau penetral asam lambung, sehingga dapat meredakan heartburn. Ibu hamil dapat mengonsumsi susu beruang untuk mengatasi masalah perut dan asam lambung. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk tidak berbaring hingga 1 – 3 jam setelah makan untuk mencegah naiknya cairan lambung, makan secara perlahan dan tidak terlalu banyak, serta hindari makanan penyebab asam lambung tinggi seperti coklat, makanan pedas, kopi, dan peppermint. Ibu juga harus mengunyah makanan hingga lembut, dan mengurangi makanan berlemak untuk mencegah peningkatan tekanan pada lambung.

  • Susu beruang dapat meningkatkan intelegensi bayi

Susu beruang memiliki kandungan iodine di dalamnya. Iodine ini terbukti dapat memaksimalkan perkembangan otak janin. Selain itu, iodine juga dapat meningkatkan IQ bayi, sehingga kelak anak akan memiliki tingkat intelegensi yang baik dan dapat dengan mudah mempelajari berbagai hal, serta berprestasi ketika memasuki usia sekolah. Konsumsi susu beruang sejak ibu hamil dapat memaksimalkan potensi bayi dan meningkatkan intelegensi bayi.

  • Susu beruang dapat menjaga kesehatan tulang ibu selama masa menyusui

Bayi disarankan untuk mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan. Selama 6 bulan ini bayi bergantung pada nutrisi yang terkandung di dalam ASI ibu. Bayi memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Kalsium ini didapat dari ASI. Jika ibu tidak mengonsumsi kalsium yang cukup untuk dirinya dan bayi, maka tubuh ibu akan mengambil cadangan kalsium dari tulang untuk diberikan kepada bayi. Kondisi ini jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengganggu kesehatan tulang ibu. Tulang ibu akan menjadi rapuh, keropos, dan mudah sekali patah. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

Susu beruang merupakan susu sapi steril yang mengandung banyak nutrisi, terutama kalsium. Kalsium ini sangat penting untuk ibu pada masa menyusui. Konsumsi susu beruang sebanyak 2 – 3 gelas sehari pada masa menyusui dapat memenuhi kebutuhan kalsium ibu dan bayi, memfasilitasi perkembangan tulang dan gigi bayi, serta dapat menjaga kesehatan tulang ibu.

Susu beruang ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Susu beruang dapat dikonsumsi 2 – 3 gelas sehari pada masa hamil dan menyusui. Pastikan ibu menyediakan susu beruang di rumah ya dan konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Related Posts

Leave a Comment