Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Kegunaan Temulawak untuk Kesehatan Lambung Menurut Dokter

by admin
0 comment

Temulawak merupakan rempah asli khas Indonesia, khususnya pulau Jawa. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman dari suku temu-temuan yang sering digunakan untuk obat. Bagian yang sering dimanfaatkan dari tumbuhan temulawak adalah akar rimpangnya. Rimpang temulawak berukuran besar dan bercabang-cabang, serta berwarna coklat kemerahan, kuning tua, atau hijau gelap.

Sejak zaman dahulu temulawak sudah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Biasanya temulawak diolah menjadi jamu yang kemudian dikonsumsi sebagai minuman. Di antara berbagai kegunaannya sebagai obat, temulawak dikenal dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan lambung. Kira-kira apa sajakah manfaat temulawak untuk kesehatan lambung? Mari kita bahas dalam penjelasan berikut ini.

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan manusia. Letak lambung berada pada bagian perut kiri atas. Lambung berbentuk seperti kantung memanjang dengan panjang sekitar 25 sampai 30 cm dan lebar terpanjang sekitar 10 sampai 15 cm. Dinding lambung terdiri dari lapisan mukosa, dan beberapa lapis otot halus. Lambung berfungsi menerima makanan yang ditelan dari kerongkongan, mencerna makanan, dan mengosongkan isi lambung untuk selanjutnya diproses oleh usus. Dalam lambung, makanan akan bercampur dengan cairan lambung yang terdiri dari asam lambung (HCl), pepsin, lendir atau mucus, faktor intrinsik, natrium dan kalium. Cairan lambung tersebut akan memproses protein, karbohidrat dan zat lainnya dari makanan ke dalam bentuk yang lebih sederhana sehingga dapat dicerna oleh tubuh.

Untuk menjaga kesehatan lambung, kita perlu membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mengiritasi lambung. Selain itu, temulawak juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan lambung di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Temulawak dapat melancarkan pencernaan makanan oleh lambung

Mencoba makanan baru tadi malam dan menyebabkan sakit perut di pagi hari? Mungkin Anda dapat mencoba mengatasinya dengan menggunakan temulawak. Temulawak dipercaya dapat meringankan gejala sakit perut dan mengoptimalkan pencernaan, khususnya pencernaan di lambung. Temulawak akan melindungi dan menyembuhkan lambung yang sakit, mempercepat pergerakan makanan di lambung dan usus, mengurangi gas dalam lambung, serta meredakan kram pada perut. Selain itu, temulawak juga dapat menstimulasi pengeluaran cairan lambung dan enzim pencernaan lain, sehingga makanan dapat diproses dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat membuat teh rebusan dari temulawak. Caranya yaitu dengan merebus temulawak dan mengonsumsi air rebusannya. Anda juga dapat menambahkan madu untuk memberikan rasa manis pada air rebusan temulawak.

  • Temulawak dapat mengobati maag

Penyakit maag merupakan penyakit lambung yang banyak diderita. Maag atau dalam istilah medis dikenal dengan gastritis merupakan kondisi inflamasi atau peradangan pada mukosa lambung. Gastritis atau penyakit maag terbagi menjadi gastritis akut dan gastritis kronis. Pada gastritis akut, biasanya inflamasi pada mukosa lambung disertai dengan gejala seperti muntah, nyeri pada lambung, bahkan dalam kondisi yang parah dapat menyebabkan perdarahan dan luka pada dinding lambung. Gastritis akut dapat disebabkan oleh konsumsi obat tertentu seperti aspirin dan obat-obatan non steroid. Selain itu dapat juga disebabkan oleh konsumsi alkohol atau makanan yang terkontaminasi mikroorganisme infeksius.

Sementara itu, pada gastritis kronis terjadi pengecilan pada kelenjar-kelenjar epitel lambung. Gastritis kronis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, autoimun (sistem imun yang menyerang tubuh sendiri, atau akibat naiknya cairan dari usus 12 jari, pankreas, dan empedu ke dalam lambung.

Temulawak berperan melindungi dinding lambung dari keasaman cairan lambung berlebih tersebut, sehingga mencegah mukosa lambung mengalami peradangan. Temulawak juga bermanfaat untuk meredakan iritasi akibat peradangan, serta mencegah reflux atau naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan temulawak. Caranya cuci bersih temulawak, kemudian iris tipis-tipis. Rebus irisan temulawak dengan 4 – 5 gelas air hingga mendidih. Kemudian saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

  • Temulawak dapat mengatasi perut kembung

Perut kembung terjadi akibat pengembangan berlebih pada lambung, biasanya terjadi setelah makan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut kembung yaitu makan berlebihan, makan terlalu cepat, minum menggunakan sedotan, intoleransi pada jenis makanan tertentu, konstipasi, atau perubahan pada lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan menggunakan temulawak. Para ahli menyatakan bahwa temulawak dapat menstimulasi enzim-enzim pencernaan seperti empedu, saliva, dan cairan lain yang membantu pencernaan. Hal tersebut memungkinkan pemprosesan dan penyerapan nutrisi makanan yang lebih baik.

Untuk mengurangi dan mengatasi perut kembung, Anda dapat menggunakan air dari temulawak. Caranya yaitu dengan memarut temulawak lalu diambil airnya. Konsumsi sebanyak 1 sendok teh air temulwak setiap pagi hari untuk meredakan perut kembung dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

  • Temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker pada lambung

Kanker pada lambung merupakan jenis kanker tertinggi keempat di dunia dan 30% dari kasus kanker lambung terjadi di negara berkembang, seperti Indonesia. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan kanker lambung ini di antaranya yaitu faktor gen atau keturunan, makanan yang mengandung karsinogenik (biasanya didapatkan dari makanan yang dibakar atau diawetkan), gastritis, dan polip pada lambung. Kanker pada lambung tidak menunjukkan gejala apa-apa kecuali ketika sudah mencapai tingkat atau stadium akhir. Biasanya gejala yang muncul seperti tidak mau makan, penurunan berat badan, sakit di bagian perut atas, muntah, dan adanya masa atau benjolan pada perut.

Manfaat temulawak yang selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Temulawak dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker pada lambung. Kandungan kurkumin dalam temulawak akan bekerja menghambat pertumbuhan berlebih akibat kanker dan keganasan lain pada lambung. Konsumsi temulawak secara rutin akan memberikan Anda manfaat ini.

  • Temulawak dapat mengobati penyakit asam lambung atau GERD

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit dimana cairan lambung dan isi lambung naik ke kerongkongan. Hal ini disebabkan oleh otot penutup katup antara kerongkongan dan lambung yang lemah, sehingga cairan dan isi lambung naik. Karena cairan dan isi lambung ini sifatnya asam maka dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan, sehingga menimbulkan gejala seperti rasa terbakar di bagian atas lambung di daerah dada bawah. Biasanya nyeri ini terasa sangat berat dan berlangsung 30 – 60 menit setelah makan. Nyeri semakin parah ketika membungkuk, dan berkurang dengan duduk tegak.

Salah satu cara untuk mengatasi GERD adalah dengan menggunakan temulawak. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan temulawak secara rutin.

Ternyata manfaat temulawak untuk kesehatan lambung sangat banyak dan manfaat ini juga banyak disarankan menurut dokter. Umumnya untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut Anda dapat mengonsumsi air rebusan temulawak secara rutin. Jika Anda kesulitan mendapatkan temulawak atau malas mengolahnya sendiri, Anda bisa juga membeli jamu temulawak dari mbak jamu.

Related Posts

Leave a Comment