Apa Saja Masker Penghilang Bekas Jerawat secara Alami & Herbal ?

by admin
0 comment

Jerawat merupakan masalah yang paling banyak dialami, khususnya bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Jerawat terjadi akibat adanya penumpukan minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang tersumbat ini dapat menyebabkan peradangan dan rentan terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat. Jerawat yang terinfeksi akan berwarna merah terang, nyeri, panas, dan kadang gatal. Setelah beberapa lama, jerawat akan hilang, namun masalah wajah tidak sepenuhnya hilang meskipun setelah jerawat tiada. Jerawat akan meninggalkan bekas pada wajah yang berwarna lebih gelap dan tampak sebagai noda di wajah.

Masalah bekas jerawat memang sangat menyebalkan. Bekas jerawat membuat wajah tampak kotor dan kusam, bahkan terkadang tetap terlihat meski telah memakai bedak. Wajah yang bernoda membuat penampilan menjadi tidak maksimal dan mengurangi kepercayaan diri.

Saat ini telah banyak treatment canggih yang bertujuan untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat dan maksimal, namun tentunya harganya sangat mahal. Bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat, namun tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak, jangan khawatir karena ada solusi lain yang tidak kalah efektif. Anda dapat menggunakan masker dari bahan alami untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel. Meskipun cara alami ini tidak instan namun tetap wajib dicoba karena hasilnya yang maksimal. Lalu apa saja dan bagaimana membuat masker penghilang bekas jerawat secara alami ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

  1. Masker lidah buaya

Lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan bahan alami seperti anti bakteri dan astringent dalam lidah buaya dapat mengatasi noda bekas jerawat secara alami. Antioksidan yang terkandung di dalam lidah buaya dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak, sedangkan kandungan vitamin C, vitamin E, dan zinc dalam lidah buaya berperan dalam mencerahkan dan menghilangkan luka bekas jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya, Anda hanya perlu menyiapkan lidah buaya dan lemon. Caranya yaitu dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan 1 sendok teh air perasan jeruk lemon. Lalu aplikasikan masker ke seluruh wajah, terutama pada bagian yang terdapat noda dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat kuku dan lanjutkan dengan mengaplikasikan moisturizer. Lakukan treatment ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Masker susu almond dan putih telur

Putih telur dikenal sebagai astringent alami, yaitu kemampuan menciutkan pori-pori dan membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Selain itu, putih telur juga dapat menyembuhkan dan mengurangi bekas jerawat. Sementara itu susu almond berperan untuk menutrisi dan melembabkan kulit wajah, mengoptimalkan proses penyembuhan jaringan di sekitar luka bekas jerawat.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan masker susu almond dan putih telur, Anda dapat menyiapkan 2 sendok teh 100% susu almond asli, putih telur dari 1 butir telur, dan 1 sendok teh air jeruk lemon. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat kuku. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini dua kali dalam seminggu.

  • Masker cuka apel dan madu

Cuka apel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Cuka apel mengandung alpha hydroxyl acid yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membebaskan pori kulit yang tersumbat. Selain itu, cuka apel juga dapat mengatasi noda bekas jerawat dengan cara mencerahkan bagian noda tersebut dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Untuk membuat masker cuka apel dan madu untuk menghilangkan noda bekas jerawat, Anda dapat menyiapkan 1 sendok makan cuka apel, 2 sendok teh green tea, 5 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok teh madu. Campurkan cuka apel dengan green tea hingga merata, kemudian tambahkan gula pasir dan aduk rata. Terakhir tambahkan madu dan aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker ke seluruh permukaan wajah dan biarkan hingga 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat kuku sampai bersih. Gunakan masker ini 1 – 2 kali dalam seminggu.

  • Masker kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit jeruk dapat membantu mengontrol produksi minyak pada wajah dan mengoptimalkan produksi kolagen, serta membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kandungan retinol dalam kulit jeruk bekerja sebagai natural exfoliant yang efektif dalam mengangkat sel kulit mati, meremajakan kulit, dan memperbaharui lapisan kulit. Manfaat tersebut dapat berkontribusi dalam menghilangkan noda bekas jerawat.

Untuk membuat masker dari kulit jeruk, Anda perlu mempersiapkan bubuk kulit jeruk dan susu. Bubuk kulit jeruk dapat dibuat dengan menghaluskan kulit jeruk kering yang telah dijemur di bawah terik matahari hingga seluruh kandungan cairannya hilang. Campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk tersebut dengan 1 sendok teh susu. Kemudian aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Aplikasikan masker ke seluruh permukaan kulit wajah dan biarkan selama 10 menit. Bilas masker dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan ini sua kali seminggu untuk melihat hasilnya.

  • Masker kayu manis dan madu

Kayu manis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah wanita. Kayu manis memiliki kemampuan anti bakteri dan membantu meregenerasi sel-sel kulit. Sementara itu, madu berperan untuk menjaga kelembaban kulit, menutrisi kulit, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kombinasi kayu manis dan madu dapat mencerahkan noda bekas jerawat dan menyamarkannya sehingga wajah tampak cerah merata.

Untuk membuat masker kayu manis dan madu, Anda dapat menyiapkan 1 sendok teh kayu manis bubuk dan 2 sendok teh madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Bersihkan wajah dan biarkan wajah dalam keadaan basah (jangan dikeringkan), lalu aplikasikan masker ke permukaan wajah yang basah. Biarkan masker menyerap selama 10 – 15 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat kuku. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker dua kali dalam seminggu.

  • Masker pisang, yogurt, dan madu

Pisang memiliki kandungan nutrien yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Pisang mengandung vitamin A dan E, kalium dan antioksidan yang efektif menyamarkan noda bekas jerawat. Sementara itu yogurt mengandung zink dan kalsium yang dapat mengurangi peradangan dan kemerarahan pada luka bekas jerawat. Yogurt juga mengandung lactic acid yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit secara menyeluruh. Madu mengandung asam amino yang membunuh bakteri dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Manfaat dari ketiga bahan tersebut dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Untuk membuat masker pisang, yogurt dan madu, Anda perlu menyiapkan 1 buah pisang, ¼ cup yogurt, dan ½ sendok makan madu. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga merata. Setelah merata, aplikasikan masker ke permukaan kulit wajah dan diamkan hingga masker mengering. Lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Umumnya penggunaan masker penghilang bekas jerawat secara alami ini dapat bekerja maksimal setelah pemakaian rutin 1 – 2 bulan. Meskipun terbilang lama namun tetap layak untuk dicoba. Bahan-bahan alami ini aman digunakan untuk semua jenis wajah dan jarang menimbulkan efek samping. Pastikan Anda mencoba masker-masker alami tersebut ya, dan dapatkan wajah bersih dari noda bekas jerawat selamanya.

Related Posts

Leave a Comment