Bagaimana Caranya Memerahkan Bibir yang Hitam secara Alami dalam 1 Hari

by admin
0 comment

Bibir yang hitam merupakan masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Masalah bibir yang hitam memang mengganggu penampilan. Jika menggunakan lipstick dengan daya cover yang rendah, maka warna bibir yang hitam akan membuat warna lipstick tampak aneh dan tidak jelas. Begitupun ketika tidak memakai make up, bibir yang hitam dapat memberikan kesan wajah yang kusam dan tidak segar.

Bibir menjadi lebih gelap dan hitam akibat hiperpigmentasi pada sel-sel kulit bibir. Hiperpigmentasi ini disebabkan oleh kelebihan melanin. Berbagai faktor dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir, di antaranya yaitu paparan sinar matahari berlebih, bibir yang kurang terhidrasi, kebiasaan merokok, reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstick, atau mouthwash, konsumsi kafein yang terlalu banyak, penggunaan flouride berlebih, dan kebiasaan menghisap bibir. Selain itu kondisi kesehatan seperti kekurangan vitamin dan penggunaan obat kemoterapi juga dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih gelap.

Untuk mencegah bibir menjadi hitam, faktor-faktor resiko penyebab hiperpigmentasi bibir harus dihindari. Misalnya dengan menggunakan sunscreen atau lip balm dengan kandungan SPF, membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein, dan mengganti pasta gigi dengan merk yang lain. Selain dengan mengurangi faktor resiko, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi bibir yang hitam. Beberapa cara memerahkan bibir yang hitam secara alami di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Memerahkan bibir dengan lemon dan gula

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Manfaat vitamin C salah satunya adalah mampu menghambat produksi melanin penyebab hiperpigmentasi pada bibir, sehingga vitamin C berperan untuk mencerahkan dan mengembalikan warna merah muda bibir yang sehat. Kandungan antioksidan dalam lemon juga dapat melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari dan mencegah kerusakan sel-sel di bibir. Dikombinasikan dengan gula pasir yang berperan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikan bibir lebih halus, mengoptimalkan aliran darah ke bibir, dan memperbaharui lapisan bibir dengan jaringan baru.

Untuk memerahkan bibir dengan lemon dan gula, Anda dapat memotong buah jeruk lemon kemudian mencelupkannya ke dalam gula. Setelah itu, gosok-gosokan lemon dan gula ke bibir yang hitam. Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur. Lalu bilas bibir dengan air hangat keesokan harinya. Ulangi perawatan setiap malam untuk melihat hasilnya.

  • Memerahkan bibir dengan jeruk nipis, madu, dan gliserin

Seperti jeruk lemon, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C. Vitamin C ini mampu menghambat produksi melanin dan mencerahkan kulit bibir yang gelap. Madu memiliki kemampuan menarik air dan menguncinya dari dalam, sehingga mencegah kekurangan air dan menjaga status hidrasi kulit agar tetap baik. Madu juga bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan bibir. Kandungan madu yang kaya nutrien dapat menutrisi bibir dan menjadikannya lebih sehat dan merah muda. Sementara itu, gliserin juga banyak digunakan untuk berbagai produk kecantikan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Untuk membuat campuran ini, Anda perlu menyiapkan 1,5 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh gliserin. Campurkan bahan-bahan yang telah disiapkan tersebut dan aplikasikan campuran ke bibir sebelum tidur. Kemudian bersihkan sisa-sisa jeruk nipis, madu, dan gliserin dengan menggunakan air keesokan harinya.

  • Memerahkan bibir dengan kunyit dan susu

Kunyit dan susu merupakan dua bahan alami yang dapat bermanfaat untuk kesehatan bibir. Penelitian menunjukkan, kunyit memiliki efek melanin inhibitor atau penghambat produksi dan aktivitas melanin. Kunyit dapat mengatasi masalah bibir yang gelap, mencerahkan warna bibir, dan mengembalikan warna merah muda bibir yang sehat. Dikombinasikan dengan nutrisi dari susu yang dapat melembabkan dan menjaga status hidrasi bibir, mencegah bibir kering dan kasar. Bibir akan tampak lebih merah dan indah.

Untuk memerahkan bibir dengan kunyit dan susu, Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan susu dengan bubuk kunyit secukupnya hingga campuran berbentuk pasta. Bersihkan bibir dengan menggunakan air. Dengan menggunakan jari tangan yang telah dibasahi, gosok-gosokkan pasta ke permukaan bibir. Kemudian biarkan pasta menempel pada bibir selama 5 menit. Setelah 5 menit, bilas bibir dengan menggunakan air dingin dan keringkan. Terakhir aplikasikan lib balm atau petroleum jelly ke bibir.

  • Memerahkan bibir dengan air mawar dan madu

Air mawar dan madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan bibir. Air mawar memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari efek buruh sinar matahari terhadap kulit bibir. Antioksidan berperan melawan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan sinar ultraviolet menjadikan bibir sehat dan terhindar dari kerusakan. Selain itu, air mawar juga dapat meredakan iritasi akibat reaksi produk gigi mulut dan lipstick yang tidak cocok. Dipadukan dengan manfaat dari madu yang dapat menarik air dan menjaga kelembaban bibir, menjadikan bibir halus, terhidrasi dengan baik, dan lebih merah merona.

Untuk memerahkan bibir dengan menggunakan air mawar dan madu, Anda cukup mencampurkan 2 tetes air madu dengan 6 tetes madu. Aplikasikan campuran ini ke bibir sebanyak 3 – 4 kali sehari, terutama aplikasikan saat akan tidur malam agar hasilnya lebih efektif.

  • Memerahkan bibir dengan strawberry dan baking soda

Strawberry merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan bibir. Strawberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dikenal sebagai anti-melanin, yaitu berperan menghambat pembentukan dan aktivitas melanin dalam memberikan warna bibir yang lebih gelap. Antioksidan dalam buah strawberry juga melindungi bibir dari sinar ultraviolet dan radikal bebas, menjadikan kulit bibir lebih sehat dan terhindar dari kerusakan. Warna merah pada strawberry juga dapat memberikan warna kemerahan pada bibir sehingga tampak merona. Dipadukan dengan baking soda yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kulit bibir yang mengelupas, semakin menjadikan bibir lebih cantik dan indah.

Untuk memerahkan bibir dengan strawberry dan baking soda, Anda hanya perlu menghaluskan 5 buah strawberry ukuran sedang lalu tambahkan 2 sendok teh baking soda. Aplikasikan campuran berbentuk pasta ke permukaan bibir saat menjelang tidur malam. Kemudian bilas dengan air dingin ketika pagi.

  • Memerahkan bibir dengan mentimun

Mentimun memiliki manfaat bagi kulit dan bibir yang sangat banyak. Mentimun mengandung vitamin C dan caffeic acid yang dapat meredakan peradangan dan iritasi pada bibir. Sensasi mentimun yang menyejukkan dapat menyegarkan sel-sel di bibir dan menjadikannya tampak lebih segar dan merah meroda. Vitamin C dalam mentimun juga bermanfaat untuk menghambat produksi melanin, penyebab hiperpigmentasi pada bibir.

Memerahkan bibir dengan mentimun, caranya sangat mudah. Anda tinggal memblender setengah buah mentimun lalu dinginkan ke dalam kulkas. Ketika jus mentimun sudah dingin, celupkan kapas bulat ke dalamnya. Oleskan jus mentimun ke bibir dengan menggunakan kapas tersebut. Biarkan jus mentimun di permukaan bibir selama 30 menit. Lalu bilas bibir dengan air dingin.

Cara memerahkan bibir yang hitam secara alami sangat mudah dan sederhana. Anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah. Pada beberapa orang cara ini efektif dan efeknya cukup cepat, serta memuaskan. Saatnya Anda membuktikannya sendiri. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment