Bagaimana Caranya Mempercepat Datangnya Haid yang Terlambat

by admin
0 comment

Haid merupakan masa yang penting bagi kaum wanita. Ketika haid terganggu biasanya juga menimbulkan ketidaknyamanan di dalam tubuh. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah haid yang tidak teratur, terutama haid yang datang terlambat.

Haid yang datang terlambat yang bukan karena hamil atau menopause, dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari perubahan hormonal hingga kondisi kesehatan serius. Jika haid Anda tidak kunjung datang melebihi siklus normal Anda (biasanya 28 hari), mungkin hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Stress

Stress merupakan kondisi yang tidak baik bagi kesehatan. Stress dapat menjadi faktor resiko berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, maag, dan masalah pencernaan. Stress juga dapat mengacaukan keseimbangan hormon di dalam tubuh, mengubah rutinitas sehari-hari, dan mempengaruhi bagian otak yang bertanggungjawab untuk mengatur periode menstruasi. Dalam jangka waktu yang lama, stress juga dapat menyebabkan penurunan berat badan atau peningkatan berat badan, yang mana perubahan berat badan tersebut dapat mempengaruhi siklus haid.

  • Berat badan rendah

Wanita yang memiliki eating disorder, seperti anorexia nervosa atau bulimia, sangat rentan untuk mengalami haid yang terlambat. Hal ini disebabkan oleh faktor berat badan dan nutrisi. Wanita dengan berat badan 10% lebih rendah dari rentang berat badan normal terhadap tinggi dapat mengubah fungsi tubuh normal dan bisa jadi menghentikan ovulasi. Ovulasi yang terganggu dapat menyebabkan sel telur atau ovum tidak dilepaskan oleh ovarium sehingga proses menstruasi tidak terjadi.

  • Obesitas dan kelebihan berat badan

Obesitas diartikan sebagai kondisi dimana nilai indeks masa tubuh ≥30. Sama seperti berat badan rendah, obesitas dan kelebihan berat badan (overweight) juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Hormon yang tidak seimbang selanjutnya dapat menyebabkan haid datang terlambat.

  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan kelainan dimana tubuh seorang wanita memproduksi hormon pria (hormon androgen) lebih banyak dari rentang normal. Kondisi PCOS bisa mengakibatkan pembentukan kista di ovarium sebagai akibat dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium menjadi tidak teratur atau bahkan terhenti.

  • Penggunaan pil KB

Pil KB juga dapat menyebabkan perubahan pada siklus menstruasi menjadi tidak teratur sehingga haid datang terlambat. Pil KB terdiri dari hormon estrogen dan progestin yang bekerja dengan cara mencegah ovarium untuk melepaskan sel telur. Dampak pil KB terhadap siklus menstruasi sangat besar. Biasanya membutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk menormalkan kembali siklus menstruasi sejak penghentian konsumsi pil KB.

  • Penyakit kronis

Penyakit kronis seperti diabetes dan celiac disease dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada wanita. Perubahan kadar gula darah yang sering terjadi pada pasien dengan diabetes sangat berkaitan erat dengan perubahan hormonal. Oleh karena itu, kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan haid tidak teratur dan sering terlambat. Sementara itu, celiac disease dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada usus halus. Usus halus sendiri merupakan tempat penyerapan sari-sari makanan, sehingga inflamasi pada usus halus dapat menghambat penyerapan makanan oleh tubuh. Hal ini akan mempengaruhi berat badan dan hormon, yang selanjutnya dapat menyebabkan haid datang terlambat.

  • Masalah pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terletak di sekitar leher. Kelenjar ini dapat menjadi over active dan menyebabkan kondisi hipertiroid, atau menjadi underactive sehingga menyebabkan kondisi hipotiroid. Kelenjar tiroid memiliki kaitan erat dengan proses metabolisme tubuh, sehingga ketika terjadi kelainan pada kelenjar tiroid maka kadar hormon dalam tubuh pun akan terganggu. Oleh karena itu, masalah pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan haid tidak teratur dan sering terlambat.

Menyikapi haid yang terlambat, biasanya wanita mencari berbagai cara untuk mempercepat datangnya haid. Pada dasarnya, cara apapun tidak dapat menjamin haid akan datang dengan segera dalam satu atau dua hari. Hal ini disebabkan karena faktor hormonal adalah hal yang sangat kompleks. Namun terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat datangnya haid yang terlambat, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Berolah raga

Aktivitas fisik berupa olah raga atau exercise merupakan salah satu cara mempercepat datangnya haid yang terlambat. Olah raga dapat melatih otot tubuh dan membantu mempercepat datangnya haid. Meskipun penelitian secara klinis belum membuktikan keefektifan metode ini, namun beberapa orang menyatakan mengalami percepatan haid setelah rutin melakukan olah raga. Namun perlu diperhatikan agar tidak melakukan olah raga berat secara berlebihan karena justru akan mengakibatkan haid menjadi tidak teratur. Dalam porsi yang sesuai olah raga dapat membantu tubuh berfungsi optimal dan mengembalikan keseimbangan hormon tubuh, sehingga membantu mendatangkan haid yang lebih teratur.

  • Melakukan relaksasi

Stress merupakan salah satu penyebab haid terlambat yang paling sering dialami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stress dapat mengacaukan keseimbangan hormon di dalam tubuh, yang kemudian mempengaruhi siklus menstruasi. Salah satu cara untuk mengelola stress adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi bisa dicapai dengan melakukan meditasi dan yoga. Meditasi dan yoga dapat melatih konsentrasi, merelaksasikan tubuh, dan bermanfaat untuk merilekskan pikiran dari stress. Wanita yang melakukan meditasi atau yoga secara rutin cenderung memiliki siklus menstruasi yang normal, dan mencegah haid datang terlambat.

  • Diet menaikkan berat badan

Perubahan dalam berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Berat badan dibawah normal dengan nilai indeks masa tubuh yang rendah dapat menyebabkan haid tidak teratur, terlambat, atau bahkan berhenti sama sekali. Oleh karena itu wanita yang memiliki berat badan dibawah normal perlu melakukan diet untuk menaikkan berat badannya. Tingkatkan asupan kalori makanan 500 – 1000 kalori per hari. Konsumsi makanan sedikit namun sering dan pilih makanan dengan gizi seimbang, termasuk makanan yang mengandung lemak. Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

  • Seks dan orgasme

Seks dan orgasme juga dapat membantu mempercepat datangnya haid. Hal ini disebabkan karena kombinasi hormon yang diproduksi ketika melakukan aktivitas seksual dan kontraksi rahim pada saat orgasme dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim untuk mulai menebal dan meluruh sehingga menyebabkan menstruasi.

  • Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang dipercaya dapat mempercepat datangnya haid. Nanas kaya akan bromelain, yaitu enzyme yang dapat mempengaruhi kerja hormon estrogen dan hormon lainnya. Bromelain juga dapat meredakan inflamasi dan membantu mengatasi penyebab haid yang tertunda. Namun meskipun demikian, belum terdapat penelitian yang mendukung manfaat nanas untuk mempercepat haid.

  • Vitamin C

Banyak orang meyakini bahwa mengonsumsi vitamin C yang banyak dapat mempercepat datangnya haid. Hal ini diprediksi akibat efek vitamin C terhadap hormon estrogen dan progesteron, yang keduanya bertanggungjawab untuk mengatur siklus menstruasi dan ovulasi. Meskipun demikian, belum terdapat penelitian yang mendukung pendapat ini.

Cara mempercepat datangnya haid yang terlambat tersebut memang kebanyakan belum terbukti secara klinis. Namun banyak orang yang sudah mencoba melakukannya dan sebagian dari mereka berhasil. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba, karena jika tidak berhasil pun, cara-cara tersebut juga dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh.

Related Posts

Leave a Comment