Bagaimana Caranya Menambah Berat Badan 10 kg dengan Cepat dalam 1 Minggu

by admin
0 comment

Sebagian besar orang beranggapan kalau tubuh yang bagus itu adalah yang kurus, tidak berlemak, dan jauh dari obesitas atau overweight. Padahal memiliki tubuh kurus dan underweight juga sama tidak sehatnya dengan kondisi berat badan berlebih atau obesitas. Underweight juga dapat menimbulkan berbagai macam masalah dan ketidaknyamanan bagi orang yang mengalaminya.

Underweight didefinisikan sebagai kondisi dimana nilai Indeks Masa Tubuh (IMT) seseorang ≥18. Indeks Masa Tubuh (IMT) sendiri dapat dihitung dengan membagi berat badan dalam kg dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Jika hasilnya 18 atau kurang dari 18, maka Anda dikategorikan termasuk ke dalam underweight. Dalam kondisi tubuh yang underweight biasanya tubuh kekurangan lemak dan energi.

Lemak identik dengan hal-hal yang buruk karena menjadi faktor utama penyebab orang kelebihan berat badan dan obesitas. Namun, sebenarnya lemak tidak sepenuhnya buruk. Faktanya pemecahan dan menyimpanan cadangan energi dalam bentuk lemak baik juga untuk tubuh. Mekanisme tersebut merupakan salah satu cara tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik, tumbuh, dan berkembang.

Dengan adanya cadangan energi dalam bentuk lemak, kita bisa melakukan pekerjaan fisik berat atau workout. Lemak juga berperan penting dalam perkembangan otak, mencegah pembengkakan dan penggumpalan pada darah. Selain itu, lemak juga berkontribusi terhadap kesehatan rambut dan kulit.

Orang yang underweight juga sering mengalami malnutrisi. Malnutrisi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan vitamin dan mineral dari makanan. Kondisi underweight menyebabkan Anda lebih rentan mengalami beberapa masalah berikut.

  • Gangguan tumbuh kembang. Hal ini terjadi terutama ketika mengalami underweight pada masa anak-anak atau remaja dimana tubuh sedang memerlukan banyak sekali nutrien untuk tetap tumbuh dan berkembang.
  • Tulang yang rapuh. Kekurangan vitamin D dan kalsium serta berat badan yang rendah dapat membuat tulang menjadi rapuh dan mudah mengalami osteoporosis.
  • Kekebalan tubuh yang buruk. Ketika Anda tidak mendapatkan nutrien yang cukup, maka tubuh tidak dapat menyimpan energi dan membentuk antibodi. Hal ini memungkinkan penyakit lebih mudah menyerang tubuh dan masa penyembuhan pun menjadi sangat lama.
  • Anemia. Anemia dapat terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin, zat besi, folat, dan B12. Anemia menyebabkan gejala seperti pusing, kelelahan, dan sakit kepala.
  • Kemandulan. Kesuburan menjadi hal yang terdampak dari kekurangan berat badan. Berat badan rendah dapat menyebabkan haid yang tidak teratur, haid terlambat, dan kemandulan.
  • Rambut rontok. Berat badan rendah juga dapat menyebabkan rambut menjadi sangat tipis dan mudah sekali rontok.
  • Masalah pada gigi dan mulut. Kekurangan vitamin dan berat badan rendah dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut, seperti gusi berdarah, sariawan, dan penyakit gigi lainnya.

Mengingat banyaknya dampak negatif dari kondisi underweight, maka orang dengan underweight perlu melakukan program diet untuk menaikkan berat badan. Namun perlu diingat bahwa menaikkan berat badan bukan berarti harus makan sepuasnya tanpa memperhatikan kandungan gizi dari makanan. Makan berlebih, apalagi mengonsumsi junk food, memang dapat meningkatkan berat badan, namun kebiasaan tersebut tidak sehat dan dapat membahayakan kesehatan. Untuk menambah berat badan dengan cepat dan sehat, Anda dapat mengikuti beberapa tips sebagai berikut.

  1. Tambahkan asupan kalori dengan makanan tambahan yang sehat

Meskipun asupan kalori harus ditambah, namun kalori harus didapatkan dari makanan yang sehat. Anda bisa meningkatkan asupan kalori dengan menambahkan kacang atau keju sebagai topping makanan. Untuk snack, Anda bisa memilih snack tinggi protein dan karbohidrat sehat, seperti protein bar dan crackers. Anda juga bisa menikmati snack yang mengandung lemak baik yang penting untuk jantung yang sehat, seperti kacang-kacangan dan buah alpukat.

  • Konsumsi makanan tinggi nutrien

Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan nutrien. Anda dapat mengonsumsi daging yang tinggi protein yang baik untuk membantu membentuk otot. Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi seperti nasi merah, oat, atau roti gandum. Makanan-makanan tersebut lebih kaya akan nutrien sehingga memastikan tubuh ternutrisi dengan baik.

  • Makan sedikit tapi sering

Jika nafsu makan buruk, makan sedikit tapi sering sangat efektif untuk memastikan Anda mendapat kalori yang cukup untuk menambah berat badan. Anda bisa membagi porsi makan menjadi lebih kecil dan dimakan setiap 2 atau 3 jam sekali.

  • Olah raga

Olah raga tidak hanya diperlukan untuk menurunkan berat badan, namun olah raga juga mampu meningkatkan berat badan. Kalau program menurunkan berat badan lebih efektif dengan olah raga aerobik, maka untuk menambah berat badan sebaiknya berfokus pada latihan kekuatan otot. Latihan kekuatan otot di antaranya dengan angkat beban, yoga, sit up, push up, dan lain-lain. Lakukan latihan kekuatan otot 3 – 4 kali dalam seminggu. Dengan latihan kekuatan otot, maka otot akan terbentuk dan lebih besar. Otot memiliki berat yang lebih besar dari lemak, sehingga penambahan otot pada tubuh dapat meningkatkan berat badan. Jangan lupa juga untuk makan makanan tinggi protein setelah olah raga, seperti telur, tahu, kacang-kacangan, dan selai kacang.

  • Konsumsi buah dan makanan penambah berat badan

Terdapat beberapa buah dan makanan yang dipercaya dapat menambah berat badan dengan cepat. Beberapa buah dan makanan ini juga dapat diolah menjadi smoothies yang lezat dan enak. Anda dapat berkreasi untuk membuat smoothies yang cocok untuk Anda. Beberapa buah dan makanan tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Alpukat. Buah alpukat sangat kaya akan lemak tidak jenuh yang sehat. Kandungan lemak ini dapat membantu menambah berat badan dengan cara yang sehat. Ketika ditambahkan ke dalam smoothies, alpukat dapat memberikan tekstur yang creamy dan mudah dikombinasikan dengan bahan lain.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung banyak lemak baik yang akan diubah menjadi kalori di dalam tubuh. Beberapa jenis kacang seperti kacang almond juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Anda juga dapat mencampurkan selai almond atau selai kacang ke dalam smoothies untuk mendapatkan manfaatnya.
  • Oat. Oat merupakan padi-padian utuh yang tinggi kalori dan mengandung banyak serat. Oat juga mengandung lebih banyak protein dan asam lemak dibanding jenis padi-padian lain, sehingga baik untuk kesehatan.
  • Pisang. Pisang merupakan buah tinggi nutrisi dengan kandungan karbohidrat yang lebih banyak. Konsumsi pisang yang tinggi karbohidrat dapat membantu menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat.

Untuk membuat smoothies Anda dapat memblender 2 – 3 porsi buah, disarankan terdiri dari buah pisang, mangga, dan alpukat, kemudian tambahkan 1 cup kacang-kacangan dan 1 cup susu sapi segar, susu kedelai atau yogurt. Campur dan blender semua bahan hingga merata. Tambahkan es batu dan nikmati selagi dingin.

Beberapa cara menambah berat badan dengan cepat tersebut terkenal sangat efektif dan sehat. Oleh karena itu, wajib dicoba oleh Anda yang ingin menaikkan berat badan dalam waktu beberapa minggu. Pastikan Anda melakukannya secara bertahap agar tubuh tidak kaget dan mampu beradaptasi dengan baik. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment