Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

by admin
0 comment

Bau mulut merupakan masalah yang sangat mengganggu. Betapa tidak? Bau mulut bisa membuat kita tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain, apalagi dalam jarak yang cukup dekat. Meskipun tidak banyak orang yang mengutarakan langsung ketika mulut kita bau, namun hal tersebut tetap membuat kita tidak nyaman dan memilih lebih banyak diam saat berkumpul dengan teman atau rekan kerja. Karena kondisi tersebut, tidak jarang orang salah sangka bahwa kita pendiam, sombong, atau tidak mau bersosialisasi. Wah rumit juga ya jadinya jika kita mengalami bau mulut.

Dalam istilah medis, bau mulut dikenal dengan halitosis. Bau mulut dapat disebabkan oleh perawatan gigi dan mulut yang kurang baik atau sebagai gejala dari masalah kesehatan lain. Bau mulut juga dapat diperparah dengan konsumsi makanan tertentu atau kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok.

Makanan yang kita makan akan dipecah di dalam mulut menjadi bagian-bagian kecil yang halus. Jika kita tidak menggosok gigi setiap hari, partikel makanan akan tersisa di dalam mulut dan menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Bakteri ini dapat tumbuh di berbagai tempat, seperti sela-sela gigi, gusi, dan pada lidah. Pertumbuhan dan aktivitas bakteri inilah yang kemudian menyebabkan bau mulut.

Selain akibat pertumbuhan bakteri dalam mulut, bau mulut juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang berbau tajam seperti bawang putih, jengkol atau petai. Makanan-makanan tersebut akan meninggalkan bau tidak sedap pada mulut bahkan setelah gosok gigi atau berkumur dengan mouthwash sekalipun. Rokok dan produk tembakau lainnya juga dapat menyebabkan bau mulut, menyebabkan gigi kotor, mengganggu kemampuan mengecap, dan mengiritasi gusi.

Berbagai hal yang telah dijelaskan tersebut dapat menyebabkan masalah bau mulut yang mengganggu. Lalu, apakah bau mulut bisa hilang? Bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya?

  1. Lakukan perawatan gigi dan mulut dengan baik

Biasakan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berflouride untuk membersihkan sisa makanan dan plak. Gosok gigi setiap habis makan, jika perlu bawa sikat gigi dan pasta gigi ke tempat kerja atau sekolah. Jangan lupa untuk menyikat lidah saat menyikat gigi. Ganti sikat gigi setiap 2 – 3 bulan atau setelah terkena sakit gigi. Gunakan dental floss sekali sehari untuk menghilangkan partikel makanan yang terletak di sela gigi. Lalu gunakan moutwash antibakteri untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menyegarkan mulut.

  • Periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi secara rutin

Periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi sangat penting untuk dilakukan, minimal dua kali dalam setahun. Dokter gigi akan memeriksa gigimu dan membersihkan gigi lebih menyeluruh. Dokter gigi juga dapat mengenali sekaligus mengobati apabila terdapat penyakit pada gigi, mulut kering, atau masalah lain yang dapat menyebabkan bau pada mulut.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan bau mulut, mengotori gigi, mengurangi sensitivitas pengecap lidah, dan mengiritasi gusi. Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan berhenti merokok. Kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan mengenai bagaimana cara berhenti merokok yang efektif dan aman. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi quitline berhenti meroko dari Kemenkes RI untuk konsultasi berhenti merokok.

  • Jaga kelembaban mulut

Menjaga kelembaban mulut dapat mencegah mulut kering yang selanjutnya dapat menyebabkan bau mulut. Untuk menjaga kelembaban mulut, minumlah air yang cukup. Selain itu dapat juga dengan mengonsumsi permen tanpa gula atau mengunyah permen karet. Mengonsumsi permen dan mengunyah permen karet dapat menstimulasi produksi saliva yang dapat membantu membilas partikel makanan dan bakteri. Permen karet yang lengket juga dapat mengangkat partikel makanan yang tersisa di mulut sehingga membantu membersihkan gigi dan mulut.

  • Gunakan bahan alami untuk menghilangkan bau mulut

Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat menggunakan bahan alami atau bahan lain yang mudah didapat untuk mengatasi masalah bau mulut. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Jus nanas

Nanas dikenal dapat mengatasi masalah bau mulut. Meskipun tidak ada penjelasan ilmiah terkait bagaimana nanas dapat menghilangkan bau mulut, namun berdasarkan pengalaman pribadi dari banyak orang, nanas dikenal ampuh menghilangkan bau mulut. Cobalah untuk mengonsumsi segelas jus nanas setiap habis makan, atau kunyah potongan nanas selama 1 – 2 menit setelah makan, lalu berkumur untuk menghilangkan gulanya setelahnya.

  • Yogurt

Yogurt merupakan olahan susu yang mengandung bakteri baik yaitu lactobacillus. Bakteri ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan melawan bakteri jahat di berbagai tempat di tubuh. Penelitian menunjukkan 80% partisipan mengalami penurunan bau mulut setelah mengonsumsi yogurt. Hal ini berkaitan dengan kandungan probiotic yang terdapat di dalam yogurt. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu tinggal mengonsumsi yogurt tawar tanpa lemak satu kali dalam sehari.

  • Susu

Susu juga dikenal efektif dalam menghilangkan bau mulut terutama sehabis makan makanan berbau tajam seperti bawang putih, jengkol, atau petai. Penelitian menunjukkan partisipan mengalami penurunan bau mulut akibat konsumsi bawang putih setelah minum susu. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu meminum segelas susu setelah makan makanan berbau tersebut.

  • Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat sering dijumpai. Ternyata buah yang satu ini juga dapat mengurangi bau mulut. Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk dapat membantu meningkatkan produksi saliva. Saliva sendiri dapat membantu membilas mulut dan mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

  • Baking soda

Baking soda juga ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut. Penelitian menunjukkan pasta gigi dengan kandungan baking soda efektif dalam mengurangi bau mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membuat moutwash dari bahan baking soda. Caranya yaitu dengan menambahkan 2 sendok teh baking soda ke dalam 1 cangkir air hangat. Kemudian kumur-kumur dengan menggunakan air tersebut selama 30 menit lalu buang.

  • Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan asam alami yang dikenal dengan acetic acid. Bakteri sangat tidak menyukai lingkungan asam dan tidak dapat tumbuh disana, sehingga cuka apel dapat mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mencampurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air. Kemudian berkumurlah dengan cairan tersebut selama minimal 30 menit sebelum selanjutnya dibuang. Bau mulut akan berkurang dan napas lebih segar.

Kamu dapat mencoba beberapa cara tersebut untuk menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Namun jika setelah menerapkan cara-cara tersebut mulut masih terasa bau menyengat, ada baiknya untuk dikonsultasikan dengan dokter, mengingat bau mulut bisa juga menjadi tanda masalah kesehatan serius seperti diabetic ketoacidosis, gagal ginjal, atau infeksi pada tubuh.

Related Posts

Leave a Comment