Banyak yang Belum Mengetahui Apa Saja Manfaat, Khasiat, & Kegunaan Daun Kelor untuk Kesehatan Mata

by admin
0 comment

Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang sering dijumpai sehari-hari. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di wilayah Asia Selatan. Tanaman daun kelor merupakan tanaman yang tahan dalam berbagai macam cuaca, bahkan cuaca panas yang ekstrim sekalipun. Tanaman ini tumbuh dengan sangat cepat dan memiliki umur yang panjang. Biasanya tanaman daun kelor tumbuh hingga mencapai ketinggian 7 – 11 meter, dengan batang yang berkayu, tegak, dan bertekstur kasar. Daun tanaman kelor tumbuh majemuk, bertangkai panjang, dan tumbuh secara berseling. Daun kelor yang muda memiliki warna hijau muda yang lebih terang, sedangkan yang sudah tua warnanya hijau gelap.

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization menyebut tanaman daun kelor sebagai pohon ajaib karena dapat meningkatkan kesehatan dan harganya yang sangat murah. Daun kelor memiliki kandungan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan antioksidan lainnya. Dibandingkan buah jeruk pun kandungan vitamin C dalam daun kelor 7 kali lebih banyak dan lebih mudah diserap tubuh. Oleh karena itu, daun kelor sangat disarankan untuk dikonsumsi, khususnya oleh anak-anak dan remaja.

Salah satu manfaat kesehatan dari daun kelor adalah manfaatnya untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beberapa mineral lainnya sangat berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan mata? Lalu bagaiamana cara menggunakan daun kelor untuk kesehatan mata? Mari kita bahas jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

  1. Daun kelor dapat mencegah penyakit katarak

Katarak merupakan kondisi dimana area dalam mata tempat pupil berada menjadi berawan dan mengganggu penglihatan. Katarak biasanya terjadi pada salah satu mata dan kemudian menyebar ke mata satunya. Biasanya katarak terjadi ketika berusia lebih dari 40 tahun. Untuk mengatasi penyakit ini, seseorang harus menjalani operasi katarak. Meskipun operasinya tergolong aman, namun tingkat kejadian komplikasinya mencapai 30 – 50%.

Salah satu penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa daun kelor dapat mencegah terjadinya katarak, serta dapat menghentikan proses perkembangan katarak. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terdapat di dalam daun kelor. Daun kelor dinilai efektif untuk mencegah cataractogenesis atau proses perkembangan katarak, dengan cara meningkatkan aktivitas enzim antioksidan, menurunkan intensitas peroksidasi lemak, dan menghambat perkembangan radikal bebas. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada daun kelor bekerja khusus menghentikan dan mencegah katarak pada mata.

  • Daun kelor dapat mencegah komplikasi mata pada pasien diabetes

Pasien dengan diabetes memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah penglihatan dibandingkan dengan individu tanpa diabetes. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kekentalan darah akibat tingginya gula di dalam darah. Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah, saraf, serta jaringan-jaringan lain di mata, sehingga pasien dengan diabetes lebih rentan terkena katarak, glaukoma, dan retinopati.

Salah satu manfaat lainnya dari daun kelor yaitu dapat mengontrol kadar gula darah. Daun kelor dapat meningkatkan produksi insulin yang berperan dalam menyalurkan gula di dalam darah ke jaringan tubuh. Produksi insulin yang cukup dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan mencegah komplikasi, serta melindungi mata dari komplikasi akibat diabetes.

  • Daun kelor dapat melindungi kornea mata

Kornea merupakan lapisan terluar mata yang memiliki warna transparan atau bening. Selain berfungsi melindungi organ dalam mata, kornea juga berfungsi untuk memfokuskan cahaya sehingga hasil pemantulan cahaya dapat diterjemahkan dengan baik oleh otak.

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Salah satu fungsi vitamin A adalah melindungi kornea dari kerusakan. Kornea yang sehat dan terlindungi selanjutnya dapat menjaga kesehatan dan kualitas penglihatan oleh mata.

  • Daun kelor dapat mencegah mata kering

Paparan terhadap polusi serta menggunakan komputer atau handphone dalam waktu yang lama dapat menyebabkan mata kering. Kondisi mata yang kering membuat mata terasa gatal dan lebih mudah mengalami iritasi. Salah satu manfaat daun kelor adalah dapat mencegah dan mengatasi mata kering. Kandungan daun kelor yang tinggi akan vitamin A dapat melubrikasi mata dan mencegahnya dari kekeringan. Mata akan tampak lebih sehat, lembab, dan penglihatan lebih sempurna.

  • Daun kelor dapat melindungi kerusakan mata akibat penuaan

Macular degeneration atau degenerasi makula adalah gangguan mata kronis yang mempengaruhi penglihatan akibat kerusakan pada retina mata, serta merupakan penyebab utama terjadinya kebutaan. Salah satu penyebab degenerasi makula adalah akibat penuaan. Daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya degenerasi makula ini. Penelitian menunjukkan asupan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan antioksidan yang cukup dapat menurunkan resiko terkena degenerasi makula akibat penuaan hingga 25%.

  • Daun kelor dapat mengurangi mata minus

Mata minus merupakan masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh sebagian besar orang. Penggunaan komputer, gadget, dan kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan penglihatan buram ketika melihat benda jauh atau dikenal juga dengan mata minus. Daun kelor juga memiliki manfaat untuk mengurangi mata minus. Kandungan vitamin A dalam daun kelor sangat baik untuk kesehatan mata, termasuk lensa mata. Kombinasi penggunaan daun kelor dan senam mata dapat memperbaiki kelenturan lensa mata dan mengurangi masalah mata minus.

  • Daun kelor dapat mengatasi infeksi pada konjungtiva

Konjungtivitis adalah penyakit infeksi pada mata yang menyebabkan konjungtiva mengalami pembengkakan, merah, dan gatal. Saat terkena konjungtivitis bola mata juga akan tampak merah, nyeri, dan berair. Kandungan vitamin A dalam daun kelor juga dapat mengatasi peradangan atau inflamasi akibat infeksi pada mata. Oleh karena itu penggunaan daun kelor secara topikal pada mata yang sakit dapat mengatasi infeksi dan meredakan gejala peradangan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut, daun kelor dapat direbus, dibuat teh, atau digunakan secara topikal. Untuk membuat rebusan daun kelor, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun kelor dalam air, kemudian air rebusan daun kelor didinginkan dan diminum. Sementara itu untuk mengolah daun kelor menjadi teh, caranya yaitu sebagai berikut.

  • Petik daun kelor yang masih muda, biasanya terletak di dekat pucuk dan memiliki warna daun yang lebih muda
  • Rendam daun kelor dalam air kemudian bersihkan
  • Keringkan daun kelor, namun usahakan agar tidak terkena cahaya matahari langsung
  • Setelah daun kelor kering sempurna, tumbuk daun kelor hingga halus
  • Untuk menyeduh teh daun kelor, ambil 1 – 2 sendok makan daun kelor bubuk kemudian campurkan dengan air panas. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambah rasa pada teh daun kelor.

Anda dapat meminum rebusan daun kelor atau teh daun kelor sebanyak 2 kali dalam sehari. Biasanya manfaat kesehatan mata akan mulai didapatkan setelah 3 – 4 minggu.

Sementara itu, untuk penggunaan topikal sebagai obat sakit mata, Anda dapat menumbuk 4 – 5 lembar daun kelor. Tumbuk halus hingga keluar cairan. Kemudian campurkan dengan setengah gelas air. Biarkan ampas mengendap. Lalu ambil air daun kelor tanpa ampas dan aplikasikan ke mata yang sakit sambil dikedip-kedipkan. Sakit mata akan segera berkurang dan mata menjadi lebih baik.

Pastikan Anda mengonsumsi dan menggunakan daun kelor sesuai anjuran untuk mendapatkan manfaat daun kelor untuk kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment