Benarkah Makan Kangkung Membuat Mengantuk?

by admin
0 comment

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa masyarakat Indonesia makan. Kangkung menjadi sayuran favorit di restoran atau rumah makan terutama yang menjual seafood. Dengan berbagai model masakan, kangkung ini akan menjadi lebih nikmat saat dimakan. Namun ada banyak orang yang mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan ngantuk setelah orang memakannya.  Sebelum membahas benar atau tidaknya, sebaiknya kita lebih mengenal kangkung.

Kangkung banyak sekali memiliki nama lain yang biasa dikenal masyarakat. Dalam bahasa latin kangkung biasa disebut dengan Ipomoea aquatic. Nama lain dari kangkung sendiri juga bisa disebut sebagai water morning glory, water convolvulus , atau water spinach. Biasanya kangkung digunakan atau diolah sebagai  tumisan, cah kangkung. Walaupun terkadang katanya kangkung dapat membuat kita ngantuk, tpi penelitian ilmiah belum dilakukan, sehingga belum ada penjelasan pasti yang menyebutkan bahwa kangkung akan menyebabkan ngantuk.

Kemungkinan besar setiap kali orang memakan kangkung dan setelahnya ngantuk adakah karena dalam kangkung itu sendiri terdapat kandungan senyawa kimia dari sedative atau zat yang bisa menenangkan. Senyawa atau zat ini dapat membuat pikiran dari seseorang akan lebih tenang serta rileks, sehingga hal ini akan membuat kita menjadi ngantuk. Namun dalam hal tersebut tidak berlaku bagi stiap orang. Ini dikarenakan  tiap orang membutuhkan kandungan senyawa sedative berbeda sampai membuat tubuh kita mengantuk. Jadi ada juga kemungkinan seseorang akantetap pada kondisi yang segar serta tidak ngantuk setelah mengkonsumsinya.

Dilansir di sebuah website, bahwa beberapa dari jenis makanan yang membuatnya ngantuk dan tidak bisa membuat seseorang berhenti nguap adalah suatu makanan yang akan menyerap dengan cepat energy di tubuh kita. Umumnya makanan tersebut adalah yang mengandung gula dalam kadar yang tinggi serta karbohidrat. Jadi bisa terjadi peningkatan energy, namun dengan cepat pula diturunkan kembali, seperti makanan manis, berlemak, zat besi yang rendah serta minuman anggur merah dan berenergi. Penurunan dari gula darah yang terlalu signifikan akan mnyebabkan tubuh kita lemas dan akan sering nguap.

kangkung merupakan sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. namun benarkah bahwa kangkung akan mengakibatkan ngantuk setelahnya? Sampai saat ini belum ada penelitian khusus untuk hal tersebut.

Related Posts

Leave a Comment