Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Membandel, Terbukti Efektif!

by admin
0 comment

Jerawat memang  bukan termasuk kategori penyakit yang berbahaya. Meski demikian ketika tanda-tanda jerawat sudah mulai terlihat, seakan itu sudah menjadi musuh mengerikan yang harus segera diberantas.

Ketika timbul jerawat di wajah Anda, tangan pun Anda akan terasa gatal untuk segera menyentuh jerawat dan memaksanya keluar. Namun apakah Anda yakin tangan Anda bersih? Padahal sembarangan dalam menyentuh jerawat justru menyebabkan jerawat tumbuh subur lho!

Setelah dipusingkan dengan jerawat yang meradang di wajah, permasalahan tak berhentik disini. Anda akan kembali stress dan harus memutar otak kala memikirkan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel ini.

Mungkin Anda sudah mencoba menggunakan produk dari berbagai merk yang memiliki claim ampuh menghilangkan bekas jerawat. Bahkan sampai mengunjungi dokter kulit dan melakukan perawatan khusus hanya sekedar untuk memudarkannya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jika berbagai cara sudah kamu coba namun belum membuahkan hasil, Anda perlu beralih ke cara yang alami yang jauh lebih aman. Cobalah perawatan dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan disekitar Anda.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami mungkin memang akan memakan waktu yang lebih lama. Namun cara ini jauh lebih minim resiko dan baik untuk kulit wajah Anda. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat? Berikut penjelasannya!

  1. Bengkuang

Buah yang satu ini tampaknya sudah sangat terkenal digunakan untuk perawatan kulit. Selain bisa membuat wajah tampak lebih cerah dan bersih, khasiat bengkuang juga mampu menghilangkan bekas jerawat.

Senyawa beta-karoten, vitamin C serta vitamin A yang berfungsi sebagai anti oksidan, membuat bengkuang masih menjadi primadona dalam perawatan wajah secara alami. Hal ini juga ditunjang dengan begitu mudahnya menemukan buah ini.

Cara penggunaanya adalah dengan menyulap buah bengkuang menjadi masker. Haluskan hingga benar-benar lembut jika perlu disaring. Oleskan pada wajah tunggu 15 menit atau sampai masker kering lalu bilas.

Apabila Anda menggunakan masker ini secara teratur, makan hasil yang didapat pun akan jauh lebih maksimal. Perlu diketahui juga bahwa masker bengkuang ini sangat aman walaupun digunakan setiap hari.

  • Tomat

Sering kali bingung membedakan apakan tomat termasuk jenis sayuran ataukah masuk dalam jenis buah-buahan? Tak usah memikirkan hal itu, yang terpenting tomat memiliki segudang manfaat untuk tubuh Anda.

Kandungan antioksidan, solanin, saponin, vitamin C dan likopen dalam tomat sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk memanfaatkannya Anda hanya perlu mengikuti cara ini:

Ambil satu buah tomat lalu iris tomat tipis-tipis. Tempelkan secara merata hingga menutupi seluruh wajah Anda. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas. Untuk hasil maksimal gunakan cara ini paling tidak 2-3 kali seminggu.

  • Belimbing Wuluh

Apakah di daerah Anda terdapat belimbing wuluh? Jika iya beruntunglah Anda. Karena tak banyak yang mengetahui jika belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kemampuan belimbing wuluh dalam menghilangkan bekas jerawat didukung dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Cara penggunaanya pun cukup simple dan praktis.

Siapkah 3 buah belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Haluskan belimbing wuluh tersebut kemudian saring. Oleskan ampasnya pada bagian bekas jerawat selama 15 menit kemudian bilas. Lakukan secara rutin 2 hari sekali.

  • Gula

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gula. Tebu sebagai bahan dasar pembuatan gula mengandung asam glikolat dan alfa hidroksi. Kedua zat tersebut ampuh membersihkan sel kulit mati dan membentuk jaringan baru.

Cara pemanfaatan gula sangat mudah. Anda bisa menjadikan gula sebagai scrub dengan mencampurkannya bersama minyak zaitun dan air lemon. Oleskan pada bekas jerawat yang membandel, gosok secara perlahan selama 15 menit lalu bersihkan.

  • Baking Soda

Selain sebagai bahan pendukung pembuatan kue, baking soda juga mempunyai manfaat tersembunyi untuk kecantikan. Baking soda bisa menjadi alternatife lainnya untuk mengatasi masalah bekas jerawat Anda.

Hal ini karena didalam baking soda terkandung zat sodium bicarbonate yang memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan ini juga tidak sulit.

Pertama siapkan 3 sendok baking soda, lalu tambahkan air secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan secara tipis-tipis pada area bekas jerawat. Cukup diamkan selama 3-5 menit saja kemudian bilas dengan air bersih.

Jika Anda mendambakan  hasil yang maksimal, Anda bisa mengulanginya setiap 1-2 kali dalam satu minggu.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan antioksidan. Kandungan inilah yang membuat minyak zaitun efektif menghilangkan bekas jerawat. Selain itu Anda juga akan merasakan kulit wajah yang lebih halus.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami satu ini sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun pada permukaan wajah secara merata dan menyeluruh. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Untuk perawatan ini Anda bisa melakukannya setiap hari.

  • Lemon

Meskipun memiliki rasa yang asam, ternyata lemon merupakan salah satu buah yang memiliki khasiat cukup tinggi. Selain segar untuk dikonsumsi, buah satu ini juga bisa mengatasi masalah pada kulit Anda, salah satunya untuk menghilangkan bekas jerawat.

Manfaat ini bisa didapatkan karena lemon mengandung asam alfa hidroksi alami. Selain itu lemon juga berfungsi mempercepat sembuhnya peradangan serta revitalisasi kulit.

Cara penggunaan buah lemon yakni dengan membelahnya menjadi dua bagian. Peras dan sisakan airnya saja. oleskan air perasan tadi kebagian bekas jerawat. Diamkan hingga kering kemudian bilas.

  • Bubuk Kayu Manis

Siapa sangka jika kayu manis memiliki khasiat besar untuk mengatasi bekas jerawat. Karena mengandung antimikroba, membuat kayu manis ampuh membantu mengatasi segala masalah yang menyangkut jerawat.

Bukan hanya jerawat saja yang bisa teratasi dengan kayu manis ini. Namun bekas nya yang membandel pun dapat dengan mudah menjadi pudar. Untuk perawatannya Anda bisa mengubah kayu manis menjadi bubuk terlebih dahulu.

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan madu lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada bekas jerawat secara rutin sebelum tidur. Bilas keesokan harinya dengan menggunakan air bersih.

  • Kentang

Pernahkan terlintas di benak Anda untuk melakukan perawatan wajah dengan kentang? Kandungan niacin dalam kentang diduga kuat menjadi zat ampuh untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Selain itu kentang juga bisa mengatasi peradangan dan sebagai antiseptic.

Caranya penggunaanya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengiris kentang menjadi tipis-tipis. Tempelkan pada bekas jerawat yang ingin anda hilangkan. Diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas.

  • Es Batu

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya jatuh pada es batu. Jika ditelusuri es batu juga memiliki peran penting dalam perawatan kulit. Bahkan dalam menangani bekas jerawat, es batu bisa mengatasinya secara mudah dan cepat.

Menggunakan es batu untuk menghilangkan bekas jerawat tentu menjadi hal yang sangat mudah dan praktis. Selain itu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan ini. Lantas bagaimana caranya?

Anda perlu membuat es batu dengan air matang dengan menggunakan cetakan es. Ambil 1-2 buah es batu lalu bungkus dengan kain bersih. Kompres wajah Anda dengan es batu tersebut, diamkan beberapa saat pada bagian yang memiliki noda bekas jerawat.

Anda bisa mengulangi cara ini sesering mungkin, dijamin tidak lama kemudian bekas jerawat Anda akan lenyap.

Yang harus diperhatikan, hasil tidak dapat dilihat hanya dengan satu kali perawatan. Semua cara menghilangkan bekas jerawat secara alami diatas harus dilakukan secara rutin. Pastikan juga bahan yang Anda gunakan harus yang masih segar dan dicuci dengan bersih.

Related Posts

Leave a Comment