Hay Ladies, Perlu Kamu Ketahui Apa saja Manfaat & Kegunaan Menggunakan Skincare

by admin
0 comment

Saat ini skincare sudah menjadi topik utama dalam obrolan wanita. Baik di kantor, sekolah, atau kampus, pasti ada saja yang membahas mengenai skincare. Ditambah lagi, iklan-iklan di seluruh media masa pun seringnya berisi produk-produk skincare. Sebenarnya apa sih skincare itu? Apa manfaatnya menggunakan skincare? Yuk kita bahas.

Pada dasarnya skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu. Biasanya perawatan yang dimaksud adalah perawatan untuk kulit wajah. Skincare ini banyak sekali jenisnya. Mungkin jika kamu melihat skincare routine dari berbagai negara seperti korea, pasti akan cukup pusing karena banyak sekali jenis dan produknya, apalagi jika kamu adalah pemula dalam hal skincare.

Perawatan dengan menggunakan skincare sangat beragam, namun jika tidak lengkap tidak apa-apa yang penting memenuhi kebutuhan kulitmu. Beberapa produk dasar dalam skincare minimal harus memenuhi beberapa hal berikut.

  • Cleanser

Cleanser yaitu pembersih atau pencuci muka. Cleanser ini banyak jenisnya dan bisa kamu pilih sesuai preferensi masing-masing, di antaranya yaitu facial foam dan facial wash, baik dalam bentuk gel, krim, atau cair. Fungsi utama dari facial foam atau facial wash ini adalah untuk mengangkat kotoran, debu, minyak dan keringat dari permukaan kulit wajah.

Namun jika kamu menggunakan make up, biasanya penggunaan facial foam atau facial wash tidak akan cukup untuk mengangkat make up yang kamu pakai. Untuk itu diperlukan cleanser jenis lain seperti cleansing oil atau cleansing milk atau yang sedang trend sekarang yaitu dengan menggunakan micellar water. Dengan produk-produk tersebut make up akan terangkat dan wajah menjadi bersih. Selanjutnya baru gunakan facial foam dan facial wash untuk membersihkan secara lebih menyeluruh.

  • Toner

Skincare yang kedua adalah toner. Toner ini biasa digunakan setelah wajah dalam keadaan bersih. Banyak jenis toner yang beredar di pasaran. Tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda. Di antaranya ada yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang sulit dibersihkan yaitu dengan exfoliating toner, ada juga yang berfungsi untuk melembabkan kulit yaitu hydrating toner, ada juga yang berfungsi untuk mencerahkan kulit yaitu lightening toner, dan berbagai jenis toner lainnya. Pemilihan toner ini sangat tergantung kebutuhan dan manfaat yang ingin kamu dapatkan.

  • Moisturizer

Skincare selanjutnya adalah moisturizer. Moisturizer adalah pelembab. Skincare satu ini merupakan yang paling penting dari serangkaian skincare lainnya. Fungsinya sangat jelas yaitu untuk melembabkan kulit. Moisturizer ini perlu digunakan bagi wanita dengan kulit kering ataupun kulit berminyak. Tanpa menggunakan pelembab, make up akan sulit menempel pada wajah dengan kulit kering. Begitu pun pada kondisi kulit berminyak, tetap memerlukan pelembab, karena kulit yang dibiarkan kering akan membuat produksi minyak semakin banyak. Namun perlu diperhatikan bahan-bahan dalam pelembabnya, pastikan memilih moisturizer yang bebas minyak atau oil free.

  • Sunscreen

Rangkaian skincare dasar yang terakhir adalah sunscreen. Penggunaan sunscreen ini tidak kalah penting, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen mencegah kulit menghitam dan menjadi belang akibat terkena sinar ultraviolet. Skincare ini wajib dimiliki jika kamu sering berpergian atau beraktivitas di luar rumah. Pilih kandungan SPF yang sesuai dan hindari bahan sunscreen yang membuat lengket di kulit.

Keempat jenis skincare tersebut adalah skincare dasar yang wajib dimiliki untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat. Jika kamu memiliki lebih dari itu tentu akan lebih baik dan akan ada lebih banyak manfaat yang didapatkan. Selanjutnya, apa saja manfaat menggunakan skincare?

Pada dasarnya manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan skincare sangat tergantung dari jenis skincare dan kandungan di dalam skincare tersebut. Tidak semua jenis skincare memiliki seluruh manfaat sekaligus. Beberapa manfaat menggunakan skincare di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Skincare dapat membersihkan kulit secara menyeluruh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, skincare untuk membersihkan kulit termasuk ke dalam jenis cleanser. Dengan menggunakan skincare jenis cleanser, kotoran, debu, keringat, dan minyak berlebih akan terangkat dari permukaan kulit. Beberapa cleanser jenis tertentu juga dapat mengangkat make up dari wajah. Kulit menjadi lebih bersih dan cerah.

  • Skincare dapat melembabkan kulit

Skincare untuk melembabkan kulit biasanya yaitu skincare jenis moisturizer. Fungsinya yaitu untuk memberikan kelembaban pada wajah. Skincare jenis lain seperti krim wajah dan cleanser juga dapat memberikan efek melembabkan kulit. Biasanya skincare untuk melembabkan kulit mengandung ekstrak lidah buaya, madu, susu, yogurt, atau minyak zaitun. Dengan kulit wajah yang lembab maka kulit akan lebih halus dan terasa lembut.

  • Skincare dapat mencerahkan warna kulit

Skincare yang dapat mencerahkan warna kulit bisa dari jenis manapun (cleanser, toner, moisturizer, serum, atau krim wajah). Biasanya skincare untuk mencerahkan kulit mengandung banyak vitamin C, vitamin B kompleks atau bahan-bahan alami seperti lemon, bengkuang, kunyit, susu, atau ekstrak mutiara. Bahan-bahan tersebut sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit, serta mampu menghambat produksi melanin, sehingga menghasilkan kulit wajah yang cerah dan bersinar.

  • Skincare dapat menyejukkan kulit wajah

Skincare untuk menyejukkan kulit wajah bisa tergolong jenis manapun. Biasanya skincare yang memberikan cooling effect ini mengandung bahan-bahan seperti mentimun, lemon, lidah buaya, green tea, dan peppermint. Skincare dengan bahan-bahan tersebut dapat mendinginkan wajah yang lelah dan membuatnya segar kembali.

  • Skincare dapat mencegah munculnya jerawat

Dengan menggunakan rangkaian skincare, kulit kita akan bersih dari kotoran, debu, minyak, keringat, dan make up. Pori-pori akan bebas dari sumbatan, sehingga meminimalisir munculnya jerawat. Selain itu kamu juga bisa menggunakan rangkaian skincare khusus untuk jerawat jika memang kulit wajahmu rentan jerawatan. Pilih skincare dengan kemampuan anti bakteri agar dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

  • Skincare dapat meremajakan kulit

Biasanya skincare yang dapat menyegarkan dan meremajakan kulit merupakan jenis masker, serum, atau facial scrub. Facial scrub memiliki efek exfoliation yang dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat memperbaharui lapisan kulit dan menjadikannya lebih segar. Penggunaan masker juga dapat menutrisi kulit wajah. Biasanya skincare untuk menyegarkan dan meremajakan kulit mengandung bahan-bahan alami yang kaya akan antioksidan dan memiliki efek exfoliation. Antioksidan juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk memelihara keelastisan kulit dan mencegah penuaan.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan rajin menggunakan skincare. Manfaat tersebut dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Untuk pembelian produk skincare sebaiknya tidak langsung membeli satu set, tapi cobalah satu per satu terlebih dulu. Selain menguras kantong, bisa-bisa rangkaian skincare tersebut tidak cocok dengan kulitmu. Atau jika kamu ingin yang sudah pasti cocok dengan kondisi kulit, bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Biasanya arahan dari dokter kulit profesional dapat memberikan hasil yang signifikan. Yang jelas skincare itu tidak akan sama efeknya untuk setiap orang, jadi skincare yang cocok di kulit temanmu belum tentu cocok juga di kulitmu. Jadi, jangan patah semangat untuk mencari skincare yang cocok ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Leave a Comment