Inilah Beberapa Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari

by admin
0 comment

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sangat sering dialami oleh banyak wanita. Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat dapat muncul secara terpisah-pisah atau bisa juga tumbuh berkelompok. Meskipun sudah ditangani dengan berbagai treatment dan produk perawatan kulit, seringkali jerawat muncul terus menerus dan meninggalkan bekas di wajah. Bekas jerawat inilah yang membuat kulit tampak kotor sehingga penampilan menjadi kurang maksimal dan kepercayaan diri menjadi turun.

Saat ini sudah banyak treatment dan produk kecantikan untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat di wajah. Namun sebenarnya tidak hanya treatment dan produk kecantikan saja yang bisa menghilangkan noda bekas jerawat. Bahan-bahan alami juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara efektif dan dalam waktu yang cepat. Beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Menghilangkan bekas jerawat dengan buah tin

Buah tin merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C. Dalam setiap buahnya, buah tin mengandung sekitar 2 mg vitamin C. Vitamin C ini dapat menghambat produksi melanin, yaitu zat yang menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu buah tin juga memiliki kandungan exfoliating enzyme yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga lapisan kulit yang terdapat bekas jerawat akan lebih cepat terangkat dan tergantikan dengan lapisan kulit baru yang bagus.

Cara memanfaatkan buah tin untuk menghilangkan noda bekas jerawat yaitu dengan membuat masker buah tin. Masker buah tin dibuat dengan cara menghaluskan lima buah tin berukuran sedang hingga berbentuk seperti pasta, kemudian tambahkan 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh susu, dan ½ sendok teh bubuk jahe. Aduk hingga seluruh bahan merata. Selanjutnya aplikasikan masker ke wajah dan biarkan 5 – 10 menit. Kemudian bersihkan masker dengan menggunakan air.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk lemon

Jeruk lemon juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Sama seperti buah tin, jeruk lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C dapat menghambat melanin pada kulit. Selain itu, antioksidan dalam jeruk lemon juga bermanfaat untuk menghindari kerusakan akibat radikal bebas dan menstimulasi regenerasi sel kulit wajah, sehingga noda bekas jerawat akan tersamarkan.

Cara memanfaatkan jeruk lemon untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan dibuat masker. Masker jeruk lemon dibuat dengan cara mencampurkan 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh air perasan jeruk lemon, dan 2 tetes essential oil. Aduk hingga campuran merata dan berbentuk seperti pasta. Kemudian aplikasikan masker jeruk lemon ke kulit wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal sebagai bleaching agent yang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, terutama noda bekas jerawat. Cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan noda bekas jerawat sangatlah mudah. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat, Anda hanya perlu mengaplikasikan air jeruk nipis langsung ke bagian kulit yang terdapat bekas jerawat. Setelah itu biarkan selama 30 menit agar air jeruk nipis bekerja, lalu bilas dengan menggunakan air. Usahakan juga agar selama perawatan ini Anda menghindari paparan sinar matahari langsung, karena penggunaan air jeruk nipis dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan kayu manis

Kayu manis juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Rempah yang memiliki rasa manis dan sedikit pedas ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan untuk melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk polusi dan efek buruk sinar matahari yang mengakibatkan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Selain itu, antioksidan dalam kayu manis juga membantu dalam penyembuhan jaringan kulit yang rusak termasuk luka bekas jerawat.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan kayu manis, Anda dapat mencampurkan dua tetes minyak kayu manis dengan dua tetes minyak kelapa. Aplikasikan campuran ke bagian kulit yang terdapat noda bekas jerawat. Dengan penggunaan yang rutin noda akan memudar secara alami. Selain itu, Anda juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan masker kayu manis. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan kayu manis bubuk dengan madu hingga berbentuk pasta. Kemudian aplikasikan masker ke kulit wajah. Biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas masker dengan air hingga bersih.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan beras kencur

Kencur merupakan salah satu temu-temuan yang banyak digunakan sebagai rempah, obat tradisional atau jamu. Kencur dikenal dapat memutihkan warna kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat. Kandungan vitamin C dalam kencur mampu menghambat produksi melanin, yaitu sejenis protein yang berperan dalam memberikan warna gelap pada kulit. Kandungan vitamin C ini bermanfaat mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, kencur sering kali dikombinasikan dengan beras dan menghasilkan beras kencur. Masker beras kencur inilah yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Cara membuatnya yaitu pertama cucilah 200 gram beras dengan air lalu rendam selama kurang lebih 4 jam. Kemudian haluskan 2 ruas kunyit dan beberapa ruas kencur. Setelah itu tambahkan beras yang telah direndam dan tumbuk hingga halus. Setelah tercampur rata, tambahkan air jeruk nipis, sedikit garam, dan sedikit madu. Jika campuran terlalu padat, dapat ditambahkan air secukupnya hingga campuran berbentuk pasta. Lalu aplikasikan masker ke kulit wajah secara merata dan biarkan hingga masker mengering. Kemudian bilas masker dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan wortel

Wortel merupakan sayuran yang mengandung banyak vitamin A dan kaya akan antioksidan. Salah satu manfaat wortel adalah untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Efek anti-inflamasi atau anti peradangan pada wortel akan merevitalisasi kulit, menyamakan warna kulit, serta menyamarkan noda bekas jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan langsung bulir wortel yang telah diparut ke bagian kulit yang terdapat noda bekas jerawat.

  • Menghilangkan bekas jerawat dengan daun kelor

Daun kelor merupakan tanaman dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Beberapa sumber menyatakan bahwa kandungan vitamin C dalam daun kelor 7 kali lebih banyak dibanding jeruk. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C dapat menghambat produksi protein melanin kulit. Penggunaan daun kelor secara topikal dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan meratakan warna kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan daun kelor, Anda dapat membuat masker daun kelor. Cara membuatnya yaitu dengan cara menumbuk halus beberapa lembar daun kelor, kemudian langsung diaplikasikan ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15 – 20 menit hingga masker mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Beberapa bahan alami tersebut dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat. Pada beberapa orang bahkan cara tersebut dapat memberikan perbaikan dalam waktu 1 hari. Hal ini sangat tergantung kondisi kulit dan keparahan bekas jerawat. Selain memberikan hasil yang cepat, cara alami menghilangkan bekas jerawat ini juga minimal efek samping karena bahan yang digunakan berasal dari alam. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment