Inilah Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat yang Bisa Kamu coba

by admin
0 comment

Jerawat merupakan musuh besar bagi kulit wajah sehat. Pasalnya, masalah jerawat benar-benar mengganggu dan membuat kita jengkel. Jerawat dapat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Seringkali kita juga diejek karena wajah yang jerawatan.

Jerawat pada dasarnya adalah kondisi peradangan dan infeksi pada pori-pori kulit. Pori-pori kulit dapat tersumbat akibat penumpukkan minyak, kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati yang tidak diangkat. Pori-pori kulit yang tersumbat akan mengalami peradangan dan mudah terinfeksi oleh bakteri. Infeksi bakteri akan memperparah peradangan yang terjadi, menimbulkan nyeri, dan membuat jerawat tampak merah terang. Kondisi kulit yang berminyak, perubahan hormon, dan kebersihan kulit yang buruk merupakan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap munculnya jerawat pada wajah.

Tidak hanya ketika jerawat sedang meradang, setelah pergi pun jerawat masih saja menimbulkan masalah pada kulit. Jerawat biasanya meninggalkan bekas noda di wajah, menjadikan wajah tampak kotor dan tidak sempurna. Bekas jerawat ini sulit sekali dihilangkan dan bisa bertahan hingga waktu yang lama.

 Cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat tentunya dengan melakukan treatment di pusat perawatan kulit atau klinik dokter kulit. Dengan menggunakan teknologi canggih dan obat-obatan yang tepat, jerawat dan bekas jerawat dapat hilang dengan cepat dan maksimal. Namun tentunya treatment-treatment tersebut relatif mahal. Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada wajah, Anda dapat melakukan perawatan kulit biasa dengan menggunakan skincare dan dipadukan dengan cara alami. Beberapa kandungan kimia dan bahan alami yang dapat menjadi cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat adalah senyawa yang paling sering dijadikan kandungan utama pada berbagai produk perawatan kulit berjerawat. Salicylic acid membantu membersihkan kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori kulit. Salicylic acid juga membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat, serta meminimalisir terjadinya bekas jerawat.

Salicylic acid sangat bermanfaat dan efektif untuk semua jenis kulit. Salicylic acid dapat menjadi pilihan tepat untuk penggunaan sehari-hari bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Jika kulit Anda sensitif, ada baiknya untuk mencoba mengaplikasikan sedikit produk dengan salicylic acid ke wajah sebelum menggunakannya ke seluruh wajah. Tujuannya untuk melihat apakah ada reaksi iritasi atau tidak. Ketika terjadi iritasi sebaiknya hentikan pemakaian dan bersihkan wajah dengan air beberapa kali.

  • Retinoid

Penggunaan retinoid secara topikal dalam bentuk krim atau salep dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Retinoid dapat menghentikan peradangan atau inflamasi, mengurangi luka bekas jerawar, dan mempercepat regenerasi sel. Selain itu, retinoid juga dapat mencerahkan bekas jerawat yang mengalami hiperpigmentasi. Namun jika Anda menggunakan retinoid untuk mengatasi masalah jerawat, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat akan beraktivitas di luar ruangan karena retinoid bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

  • Alpha hydroxy acids

Alpha hydroxy acids (AHA) merupakan senyawa yang dapat mengatasi masalah jerawat dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah sumbatan pada pori. Alpha hydroxy acids sering direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat. Alpha hydroxy acids dapat memperbaharui lapisan kulit dan meremajakan kulit, sehingga membantu menyamarkan noda bekas jerawat yang mengalami hiperpigmentasi.

  • Lactic acid

Lactic acid berperan sebagai exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara halus. Lactic acid dapat membantu mengurangi pembentukan bekas jerawat dan menghaluskan tekstur kulit wajah. Selain itu lactic acid juga membantu mencerahkan bekas jerawat yang gelap. Namun jika lactic acid tidak cocok dengan kulit, dapat juga menyebabkan hiperpigmentasi, sehingga disarankan untuk mencoba mengaplikasikan sedikit lactic acid ke area kecil di wajah sebelum menggunakannya ke seluruh wajah.

  • Masker jeruk dan baking soda

Masker jeruk dan baking soda dapat mengatasi masalah jerawat dan membantu menghilangkan kelebihan minyak di kulit. Baking soda merupakan bahan abrasive ringan yang dapat membersihkan pori-pori kulit hingga ke dalam, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih, dan kuman dari dalam pori-pori dan permukaan wajah. Baking soda juga efektif untuk meminimalisir minyak yang menyebabkan kulit tampak mengkilap. Sementara itu, jeruk dapat menciutkan dan mengencangkan pori-pori kulit, serta memiliki efek antibakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Jeruk juga dapat mencerahkan dan menyamarkan noda bekas jerawat.

Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok teh air perasan jeruk. Campurkan air jeruk ke dalam baking soda. Ketika pertama kali dicampurkan campuran akan menguap dan terdengar mendesis. Jangan panik, tunggu hingga mereda, lalu aduk campuran hingga merata. Aplikasikan masker tipis-tipis ke seluruh kulit wajah yang telah dibersihkan sambil sedikit dipijat. Tunggu selama 10 – 15 menit dan biarkan masker mengering. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. Terakhir aplikasikan setetes minyak zaitun untuk melembabkan kulit. Lakukan perawatan setiap 3 hari sekali.

  • Masker putih telur, lemon, dan kunyit

Masker ini sangat populer untuk mengatasi masalah jerawat. Putih telur kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menutrisi kulit, mengecilkan pori-pori, dan meminimalisir kelebihan minyak dari kulit. Lemon bekerja sebagai astringent yang mengencangkan pori-pori terbuka, memiliki efek antibakteri yang efektif mencegah jerawat dan membunuh bakteri, serta merupakan toner yang baik untuk kulit berminyak. Sementara itu, kunyit sangat efektif untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Kunyit juga memiliki efek anti inflamasi atau anti peradangan yang dapat menyembuhkan masalah jerawat.

Untuk membuat masker ini, Anda hanya memerlukan putih telur dari 1 buah telur, ½ sendok teh air lemon, dan 1/3 sendok teh bubuk kunyit. Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian tambahkan air lemon dan bubuk kunyit lalu aduk hingga merata. Aplikasikan masker ke permukaan kulit yang telah dibersihkan dan diamkan selama 10 – 15 menit. Ketika masker sudah benar-benar kering, bersihkan dengan air hangat lalu bilas lagi dengan air biasa.

  • Lidah buaya dan lemon

Lidah buaya merupakan skincare alami yang memiliki efek anti bakteri dan astringent yang dapat membantu mengatasi bekas jerawat secara alami. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lidah buaya membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Vitamin C, E, dan zink dalam lidah buaya juga membantu mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Anda dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Kemudian aplikasikan campuran ke area kulit yang terkena bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Terakhir, aplikasikan pelembab pada kulit. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Bahan dan cara-cara tersebut ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada kulit wajah. Jangan lupa untuk mencobanya ya dan buktikan keampuhannya. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment