Inilah Beberapa Macam Masker Penghilang Komedo secara Alami, Efektif & Efisien

by admin
0 comment

Komedo merupakan masalah kulit wajah yang cukup banyak dialami oleh setiap orang. Meskipun komedo ini ukurannya kecil, namun kehadirannya di wajah benar-benar mengganggu dan mengurangi kecantikan, apalagi jika komedo yang muncul berwarna hitam sehingga terlihat mencolok.

Komedo merupakan folikel rambut atau pori-pori pada kulit yang mengalami sumbatan. Sel kulit mati dan minyak saling bercampur dan menyumbat folikel. Komedo bisa terbuka atau dikenal dengan komedo hitam (blackhead) atau tertutup oleh lapisan kulit yang dikenal dengan komedo putih (whitehead). Produksi minyak berlebih, kebersihan wajah yang kurang, penggunaan produk skincare yang berakibat penyumbatan pada pori (tidak noncomedogenic) berpotensi menimbulkan komedo pada wajah.

Perawatan dasar untuk mengatasi komedo adalah dengan menggunakan pembersih wajah tanpa minyak (oil free) dan menghindari memencet-mencet komedo karena hal tersebut dapat merusak kulit dan menimbulkan scarring atau pertumbuhan jaringan parut. Selanjutnya komedo dapat diangkat dengan menggunakan strips khusus untuk mengangkat komedo (pore-cleansing strips) atau dengan treatment comedo extractors yang banyak ditawarkan di salon kecantikan atau di dokter kulit.

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya besar untuk mengangkat komedo atau ingin perawatan aman tanpa efek samping, Anda bisa mencoba cara alami yaitu dengan menggunakan masker. Apa saja masker penghilang komedo secara alami yang efektif dan maksimal? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Masker madu dan susu

Susu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Susu mengandung lactic acid yang diketahui dapat mengangkat sel kulit mati secara alami. Ketika diaplikasikan ke kulit, susu sangat mudah diserap dan bekerja mengangkat sel kulit mati dengan lembut, serta membebaskan pori yang tersumbat. Sementara itu madu dikenal memiliki kemampuan skin brightening yang dapat mencerahkan kulit dan membuat wajah tampak bersinar seketika.

Untuk membuat masker madu dan susu, Anda perlu menyiapkan ΒΌ cup susu, 2 sendok makan madu, dan beberapa kapas bola. Cara membuatnya sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan susu dan madu hingga merata. Kemudian celupkan kapas bola ke dalam masker dan aplikasikan masker ke seluruh wajah. Anda juga dapat menggunakan kapas lembaran yang dicelupkan ke dalam masker dan tempelkan di area yang banyak komedo. Lalu biarkan masker selama 10 – 15 menit dan bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 – 2 kali seminggu.

  • Masker putih telur dan lemon

Putih telur memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Putih telur dikenal sebagai natural astringent dan bekerja efektif untuk meratakan warna kulit. Putih telur akan menciutkan pori-pori kulit, membuat kulit tampak bersih dan bebas dari noda. Dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon yang bekerja sebagai natural bleaching agent yang dapat mencerahkan kulit wajah.

Untuk membuat masker putih telur dan lemon, Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah telur, 1 sendok makan air perasan lemon, dan kuas wajah. Campurkan putih telur dan air perasan lemon. Kemudian dengan menggunakan kuas wajah, aplikasikan masker putih telur dan lemon ke seluruh permukaan kulit wajah. Hindari masker pada bagian alis dan mata. Kemudian diamkan selama 10 – 15 menit, masker akan mengering dan mengencangkan kulit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dingin. Lanjutkan dengan mengaplikasikan moisturizer ke kulit wajah. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

  • Masker kayu manis dan madu

Kayu manis dan madu memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Keduanya memiliki kemampuan anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi komedo dan mencegah jerawat pada kulit. Kayu manis dan madu juga mampu mengangkat sel kulit mati, bakteri, dan kelebihan minyak yang menumpuk di permukaan kulit. Manfaat astringent dalam kayu manis membantu menciutkan pori-pori kulit, sehingga kulit wajah tampak lebih halus dan bersih.

Untuk membuat masker kayu manis dan madu, Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan bubuk kayu manis dan 3 sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dalam sebuah wadah. Setelah campuran berbentuk pasta, aplikasikan masker ke seluruh permukaan kulit wajah, fokuskan pada area T-zone yang biasanya terdapat banyak komedo. Biarkan masker selama 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini dua hari sekali secara berselang selama 2 minggu, dan Anda akan melihat perubahan pada wajah Anda.

  • Masker daun mint, lemon, dan gelatin

Lemon dikenal sebagai astringent alami yang dapat meratakan dan mencerahkan warna kulit. Daun mint memiliki kemampuan anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan memberikan sensasi dingin pada kulit. Daun mint juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menciutkan pori-pori kulit. Sementara itu, gelatin merupakan protein alami yang mengandung kolagen dan polimer yang membuat tekstur masker lebih padat. Kombinasi ketiga bahan tersebut sangat efektif mengatasi masalah komedo yang membandel.

Untuk membuat masker daun mint, lemon, dan gelatin, Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun mint, 1 sendok makan gelatin bubuk, air dan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon. Rebus daun mint di dalam sedikit air dan tiriskan. Masukkan 1/3 cup air dalam mangkuk ke dalam microwave selama 15 detik. Tambahkan gelatin bubuk ke dalam air hangat dan campurkan hingga rata dan tidak bergumpal. Kemudian tambahkan air perasan jeruk lemon dan air rebusan daun mint ke dalam gelatin. Setelah merata, aplikasikan masker ke seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah kering, kelupas masker dengan hati-hati lalu bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan setiap seminggu sekali.

  • Masker teh hijau, mentimun, dan gelatin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gelatin mengandung kolagen dan polimer khusus yang membuat campuran masker lebih padat menyatu. Gelatin sangat efektif untuk meningkatkan keelastisan kulit. Sementara itu mentimun memberikan efek dingin menyegarkan dan mengembalikan keremajaan kulit, serta mampu menghidrasi kulit dengan baik. Ditambah dengan teh hijau yang kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan akibat jerawat, komedo, dan penumpukan sel kulit mati. Kombinasi ketiga bahan tersebut efektif untuk mengatasi masalah komedo.

Untuk membuat masker teh hijau, mentimun, dan gelatin, Anda perlu menyiapkan 1 sendok makan gelatin bubuk, 2 sendok makan teh hijau, dan 2 sendok makan jus mentimun. Lalu masukkan sepertiga cup air ke dalam microwave selama 15 detik, kemudian masukkan gelatin bubuk ke dalamnya. Aduk hingga tidak ada gumpalan. Tambahkan teh hijau dan jus mentimun ke dalam gelatin. Lalu aplikasikan masker ke seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan selama 20 menit. Selanjutnya kelupas masker dengan hati-hati, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan perawatan seminggu sekali.

Beberapa masker penghilang komedo secara alami tersebut dapat dibuat dengan mudah dan sederhana. Masker-masker tersebut dinilai sangat efektif dalam menghilangkan komedo pada wajah. Jadi, tunggu apalagi? Ayo coba masker tersebut dan lihat perubahannya pada wajah Anda. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Comment