Inilah Beberapa Macam Masker Wajah Alami untuk Kulit Kusam

by admin
0 comment

Kulit wajah yang kusam memang sangat menyebalkan. Kulit kusam membuat wajah terlihat sangat lelah dan tidak terurus. Penampilan pun menjadi tidak maksimal, apalagi jika tidak memakai make up.

Kulit wajah yang kusam disebabkan oleh penumpukkan sel-sel kulit mati. Setiap hari jutaan sel kulit kita mengalami pengelupasan, dan beberapa dari sel-sel kulit tersebut tidak terangkat secara alami dari permukaan kulit. Sel-sel kulit mati ini kemudian menumpuk dan memberikan warna keabuan kotor pada wajah. Lapisan sel-sel kulit mati ini menutupi permukaan kulit dan menghalangi wajah untuk merefleksikan cahaya.

Selain itu, paparan terhadap polusi udara juga dapat menyebabkan kulit kusam. Partikel-partikel udara yang tercemar, kotoran, dan sulfur dioksida dari udara dapat menciptakan radikal bebas pada kulit yang dapat merusak kolagen dan menstimulasi pigmentasi berlebihan pada kulit, menjadikan warna dan tekstur kulit tidak merata, sehingga mendifusi cahaya dan menjadikan wajah tampak kusam.

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam ini adalah dengan menggunakan masker alami yang dapat mengangkat sel kulit mati, memerangi radikal bebas, dan mengembalikan keremajaan kulit. Apa saja masker wajah alami untuk kulit kusam? Simak penjelasan berikut ini ya.

  1. Masker pepaya, madu, dan putih telur

Pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pepaya sangat kaya akan vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas, mencegah dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Enzim dalam pepaya juga dikenal sebagai natural exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Madu juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Madu dapat menutrisi dan menjaga kelembaban kulit, menjadikannya lembut dan cerah. Sementara itu, putih telur sangat baik untuk meredakan peradangan dan membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh. Kombinasi ketiga bahan ini dapat membuat kulit kusam tampak lebih segar dan bersinar.

Untuk membuat masker pepaya, madu, dan putih telur, Anda hanya perlu menyiapkan ½ cup pepaya yang telah dihaluskan, 1 sendok teh madu, dan 1 putih telur yang telah dikocok. Campurkan seluruh bahan tersebut dan aduk hingga merata. Kemudian aplikasikan ke permukaan kulit wajah dan biarkan selama 15 – 20 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

  • Masker alpukat, madu, dan yogurt

Alpukat, madu, dan yogurt merupakan bahan yang dapat menghidrasi kulit secara menyeluruh. Madu juga merupakan humectant alami, yang mampu menarik air dan menguncinya sehingga kulit wajah lembab dan tampak lebih glowing. Yogurt berperan memberikan efek sejuk pada kulit dan merupakan exfoliator alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Alpukat mampu melembabkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Kandungannya yang kaya akan vitamin C juga berperan sebagai skin-lightening dan antioksidan yang mencerahkan kulit dan membantu memerangi radikal bebas.

Untuk membuat masker alpukat, madu, dan yogurt ini sangat mudah. Siapkan ½ buah alpukat, 1 sendok makan yogurt tawar dan 1 sendok makan madu. Campurkan seluruh bahan hingga tercampur merata. Kemudian aplikasikan masker ke permukaan wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

  • Masker labu dan pepaya

Labu dan pepaya merupakan bahan yang sangat efektif untuk mengembalikan keremajaan kulit. Enzim dalam pepaya berperan sebagai exfoliator alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi wajah kusam. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam pepaya juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas akibat paparan matahari berlebih dan polusi. Dikombinasikan juga dengan labu yang kaya manfaat untuk kulit dan kecantikan wajah.

Untuk membuat masker labu pepaya, Anda perlu menyiapkan dua pertiga cup pepaya yang telah dihaluskan, 1 gelas labu yang telah dihaluskan dan 1 butir telur yang telah dikocok. Campurkan telur dengan pepaya, kemudian tambahkan labu, lalu aduk hingga merata. Anda juga dapat menghaluskan ketiga campuran tersebut dengan blender atau food processor untuk hasil masker yang lebih halus. Kemudian aplikasikan masker ke seluruh wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 5 – 15 menit. Anda mungkin akan merasa sedikit geli ketika enzim dalam pepaya dan labu bekerja untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah 5 – 15 menit, bilas wajah dengan air hingga bersih.

  • Masker baking soda, kayu manis, dan madu

Masker baking soda dan madu merupakan exfoliation mask yang sangat efektif. Baking soda dapat mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan membebaskan sumbatan pada pori-pori kulit. Madu memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan anti bakteri. Selain itu madu juga baik dalam menjaga hidrasi kulit. Madu mampu menarik air dan menguncinya sehingga kulit menjadi lembab dan terlindungi. Dikombinasikan dengan kayu manis yang membantu mendetoksifikasi kulit, dan meningkatkan suplai oksigen ke kulit, membuatnya menjadi cerah bercahaya.

Untuk membuat masker ini, Anda perlu menyiapkan 3 sendok makan baking soda, 1 sendok teh madu, ¼ sendok teh kayu manis, dan 3 sendok teh susu. Campurkan semua bahan dalam mangkuk. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker ke permukaan kulit wajah yang telah dibersihkan. Aplikasikan masker dengan gerakan memutar. Biarkan masker kering selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan exfoliation extra, pijat wajah dengan ujung jari saat membilas masker.

  • Masker jeruk, yogurt, dan lidah buaya

Yogurt tawar merupakan sumber lactic acid alami yang merupakan exfoliator yang sangat efektif. Lactic acid bekerja menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit, menghasilkan kulit wajah yang lebih cerah, bersih, dan lebih halus. Air jeruk segar juga mengandung citric acid yang dapat mencerahkan warna kulit. Kandungan vitamin C dalam jeruk juga membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kulit yang rusak akibat efek buruk lingkungan. Sementara itu, lidah buaya mampu memberikan sensasi dingin menyejukkan dan menutrisi kulit yang lelah. Kombinasi ketiga bahan ini dapat mengatasi masalah kulit kusam secara optimal.

Untuk membuat masker jeruk, yogurt, dan lidah buaya, Anda perlu mempersiapkan 1 sendok makan yogurt tawar, 2 sendok teh perasan jeruk beserta bulirnya, dan 1 sendok teh gel lidah buaya. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata. Kemudian aplikasikan masker ke wajah sambil dipijat halus dengan gerakan memutar. Biarkan masker mengering selama 10 menit. Kemudian bilas masker dengan menggunakan air hingga bersih.

  • Masker tepung beras dan teh hijau

Teh hijau sangat kaya akan antioksidan. Antioksidan ini dapat memperbaiki dan memperbaharui lapisan kulit, serta melindunginya dari kerusakan lingkungan dan polusi. Sementara itu, tepung beras memiliki kemampuan exfoliation, mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, menjadikan kulit bersinar dan glowing alami.

Untuk membuat masker tepung beras dan teh hijau, Anda perlu menyiapkan ½ cup teh hijau yang baru saja diseduh dan ditiriskan, dan 1 sendok makan tepung beras. Campurkan kedua bahan hingga merata dan halus. Aplikasikan masker ke wajah sambil dipijat halus dengan gerakan memutar untuk memaksimalkan efek exfoliating. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Lakukan perawatan dengan masker 2 kali seminggu. Masker akan bekerja efektif untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam, memberikan hasil wajah yang cerah bersinar, segar, dan tampak awet muda. Anda wajib mencoba masker-masker di atas ya.

Related Posts

Leave a Comment