Inilah Beberapa Rahasia Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi secara Cepat

by admin
0 comment

Sakit gigi merupakan keluhan yang sangat mengganggu. Kalau orang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, tampaknya tidak benar juga adanya karena sakit gigi juga sama sama sakit dan bisa mengganggu aktivitas. Intensitas nyeri sangat bervariasi, mulai dari nyeri ringan hingga nyeri hebat yang tidak tertahankan.

Sakit gigi terjadi ketika saraf di akar gigi atau di sekitar gigi mengalami iritasi. Banyak hal yang dapat menyebabkan iritasi pada saraf gigi tersebut, namun biasanya berkaitan dengan masalah pada gigi atau rahang. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit gigi di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Kerusakan pada gigi

Kerusakan pada gigi merupakan penyebab sakit gigi yang paling sering. Contoh kerusakan gigi adalah ketika gigi patah atau terpotong akibat trauma fisik. Kerusakan pada tambalan gigi atau pada gigi palsu juga dapat berkontribusi terhadap munculnya sakit gigi.

  • Gigi berlubang dan abses

Gigi berlubang juga menjadi penyebab sakit gigi yang paling sering dialami. Biasanya tingkat keparahan nyerinya sangat bervariasi. Cavities atau gigi berlubang adalah lubang pada gigi yang menembus enamel dan dentin gigi sehingga dapat menyebabkan nyeri. Abses atau nanah juga dapat terbentuk ketika terjadi infeksi pada saraf atau bagian dalam gigi dan biasanya menimbulkan nyeri yang lebih parah.

  • Penyakit pada gusi

Gejala penyakit pada gusi atau periodontal disease di antaranya yaitu kemerahan dan pembengkakan pada gusi. Gejala tersebut selain menyebabkan nyeri pada gusi juga dapat menyebabkan sakit gigi. Sakit gigi akibat gingivitis terjadi ketika plak menumpuk dan menyebabkan radang pada gusi. Periodontitis terjadi ketika gingivitis tidak ditangani dan lapisan dalam gusi menjadi terpisah dari gigi, menyebabkan terbentuknya celah yang kemudian menjadi tempat menumpuknya sisa makanan dan bakteri.

  • Temporomandibular Disorder (TMD)

Temporomandibular disorder atau TMD juga dapat menyebabkan nyeri pada rahang. TMD dapat disebabkan oleh tekanan gigi kronis atau dislokasi pada sendi temporomandibular.

  • Kanker mulut

Kanker mulut dapat menyebabkan mati rasa atau nyeri di berbagai bagian wajah, leher, atau mulut. Gejala lainnya dapat berupa pembengkakan, benjolan, luka-luka di mulut, perdarahan, dan nyeri di muka, leher, atau mulut yang tidak sembuh lebih dari 2 minggu.

  • Impaksi gigi bungsu

Gigi bungsu seringkali tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk tumbuh sehingga menjadi impaksi dan menyebabkan sakit gigi serta nyeri pada gusi dan rahang. Terkadang gigi bungsu menjadi tumbuh ke samping di luar sumbu normal gusi dan tidak menimbulkan masalah, namun seringkali pertumbuhan gigi bungsu menyebabkan nyeri dan memerlukan tindakan pembedahan. Gigi bungsu yang dibiarkan impaksi dapat menyebabkan pembusukan pada gigi dan sakit gigi yang parah. Selain itu, dapat pula menyebabkan infeksi pada gusi.

  • Penyakit selain penyakit gigi dan mulut

Penyakit lain yang dapat menyebabkan gigi dan mulut di antaranya yaitu infeksi sinus, sakit kepala, serangan jantung, diabetes, infeksi virus, penyakit saraf, dan defisiensi vitamin B12.

Jika sakit gigi sangat parah dan berlangsung lebih dari 2 hari atau jika disertai dengan demam, nyeri telinga, atau sakit ketika membuka dan menutup mulut, maka disarankan untuk segera menemui dokter gigi. Dokter gigi akan mendiagnosa dan menemukan penyebab sakit gigi berdasarkan pemeriksaan fisik dan x-ray gigi.

Sakit gigi akibat gigi yang patah atau berlubang dapat diatasi dengan penambalan atau crowning. Sakit gigi akibat penyakit gusi mungkin akan membutuhkan tindakan seperti scaling dan planing. Dokter gigi akan membius gusi Anda dan menggunakan alat-alat khusus untuk menghilangkan tumpukan plak pada perbatasan gusi dan gigi. Jika penyakit gusi sangat parah dan menyebabkan gigi mengalami pembusukkan, maka akan dilakukan pengangkatan jaringan yang membusuk.

Namun jika sakit gigi masih terasa ringan dan tidak begitu menganggu aktivitas, Anda bisa menguranginya dengan teknik pengobatan rumahan. Beberapa cara ampuh mengobati sakit gigi secara cepat, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Kompres es

Kompres dingin dengan menggunakan es dapat membantu mengatasi sakit gigi, terutama jika sakit gigi disebabkan oleh cedera atau pembengkakan gusi. Untuk mengompres es, Anda bisa membungkus beberapa buah es batu dengan handuk kecil. Kemudian letakkan handuk di pipi pada daerah gigi yang sakit selama beberapa menit. Penggunaan kompres es dapat mengakibatkan konstriksi atau penyempitan pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke area gigi yang sakit, dan mengurangi komponen darah pemicu peradangan. Kompres dingin juga membantu meredakan nyeri serta mengurangi pembengkakan dan peradangan.

  • Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengangkat dan membersihkan sisa makanan yang terjebak di dalam lubang gigi atau di sela-sela gigi. Selain itu kumur dengan air garam juga dapat mengurangi pembengkakan, mempercepat penyembuhan, dan meredakan sakit tenggorokan yang menyertai sakit gigi. Air garam hangat untuk berkumur dapat dibuat dengan cara melarutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Air garam hangat kemudian dikumur-kumur di dalam mulut selama 30 menit kemudian buang. Berkumur dapat diulangi beberapa kali sesuai kebutuhan.

  • Bawang putih

Bawang putih telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan ringan, salah satunya yaitu bermanfaat untuk mengurangi sakit gigi. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bermanfaat sebagai anti bakteri. Untuk mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih, Anda dapat menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan dengan sedikit garam. Selanjutnya aplikasikan campuran ke bagian gigi yang sakit dan diamkan selama 15 – 30 menit.

  • Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sering kita temui. Lidah buaya sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat luka bakar dan luka sayat ringan. Saat ini lidah buaya mulai digunakan untuk membersihkan gusi. Penelitian menunjukkan lidah buaya memiliki efek anti bakteri alami dan dapat membunuh kuman penyebab pembusukan pada gigi dan penyebab gigi berlubang. Gel lidah buaya dapat diaplikasikan ke area mulut yang sakit sambil dipijat lembut.

  • Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah asli yang berasal dari Indonesia. Cengkeh memiliki kandungan eugenol, yaitu senyawa kimia yang berperan sebagai natural anesthetic atau obat pereda nyeri alami. Cengkeh juga memiliki kemampuan anti inflamasi dan anti bakteri, yang dapat meredakan infeksi pada gigi dan gusi.

Untuk mengurangi sakit gigi dengan cengkeh, Anda dapat merendam kapas ke dalam minyak cengkih, kemudian tempelkan ke area gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cengkeh kering untuk mengobati sakit gigi. Caranya kunyah cengkeh untuk mengeluarkan minyaknya, kemudian letakkan cengkeh yang telah dikunyah di area gigi yang sakit dan biarkan selama 30 menit lalu buang.

Beberapa cara tersebut dapat Anda coba untuk mengobati sakit gigi yang dirasakan. Pastikan untuk memperhatikan aspek kebersihan selama mengolah bahan alami dan ketika mengaplikasikannya ke gigi yang sakit.

Related Posts

Leave a Comment