Jenis Diabetes yang jarang diketahui

by admin
0 comment

Jenis Diabetes Melitus – Umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa diabetes dibagi menjadi dua, yaitu diabetes basah dan kering. Ternyata diabetes basah dan kering ini bukanlah pembagian jenis diabetes yang sebenarnya. Setiap jenis diabetes mempunyai sebab dan gejala yang berbeda. Oleh karena itu mari mengenal 4 jenis diabetes melitus.

4 jenis diabetes melitus

Setidaknya ada 4 macam diabetes melitus yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah 4 jenis diabetes tersebut. Mari kita kenali lebih lanjut.

Diabetes Melitus tipe 1

Jenis diabetes tipe 1 ini disebabkan karena pankreas yang rusak. Pankreas rusak sehingga tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup. Oleh karena itu membutuhkan tambahan insulin dari luar.

Diabetes tipe satu ini biasanya muncul sejak kecil dan perawakan penderitanya adalah kurus. Dicurigai penderitanya mengalami kelainan gen atau sejak lahir. Walaupun begitu selalu ada cara agar bisa hidup normal.

Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 ini biasanya menyerang orang yang sudah dewasa. Biasanya muncul pada orang berusia di atas 30 tahun dan lansia. Perawakan tubuh penderitanya gemuk dan tiba-tiba menjadi kurus.

Penyakit ini disebabkan karena tubuh tidak dapat memakai insulin yang diproduksi oleh pankreas. Tubuh mengalami resistensi insulin sehingga membutuhkan insulin yang banyak untuk menghasilkan efek yang sama seperti orang normal. Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab utama diabetes tipe 2.

Diabetes Melitus Gestasional

Diabetes yang muncul pada wanita hamil disebut Diabetes Melitus Gestasional. Salah satu ciri-cirinya adalah berat badan ibu hamil meningkat pesat melebihi kewajaran. Salah satu cirinya adalah bayi yang dikandungnya juga memiliki overweight bayi normal.

Walaupun sifat DM Gestasional sementara saja ketika hamil, namun ibu dan bayi mempunyai resiko yang lebih besar untuk menderita Diabetes Tipe 2. Sehingga Ibu Hamil harus merubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Begitu juga dengan bayinya harus dijaga dengan baik.

Diabetes Melitus Sekunder

Sindrom Metabolik, itulah sebutan bagi penyakit seperti Diabetes. Medis menyebut Diabetes Melitus Sekunder karena dianggap muncul akibat berbagai penyakit yang sebelumnya. Stroke, Hipertensi dan kolesterol tinggi dianggap menjadi penyebabnya.

Sedangkan dalam ilmu kesehatan holistik, stroke, kolesterol tinggi dan hipertensi bukanlah penyakit. Itu semua hanya gejala akibat sumber penyakit yang sebenarnya dari tubuh. Sumber penyakit yang sebenarnya adalah ketidakseimbangan pola hidup. Akhirnya munculah masalah seperti itu.

Itu semua adalah 4 jenis penyakit diabetes melitus yang dibagi menurut ilmu medis. Diabetes bukan untuk ditakuti, tetapi dicegah dari sekarang. Kembalilah kepada pola hidup sehat dan alami. Pilihlah makanan yang alami, organik dan berolahraga serta jaga emosi yang positif. Bagikan dan lindungi orang-orang di sekitar Anda dengan informasi ini.

Related Posts

Leave a Comment