Tips Jitu Hilangkan Jerawat Membandel di Wajah Secara Alami

by admin
0 comment

            Siapa yang tidak pernah merasakan permasalahan wajah yang satu ini? Hampir semua wanita pasti mengalaminya. Eits, ternyata tidak hanya wanita saja lho! Bahkan pria pun bisa memiliki jerawat di wajah. Lalu, sebenarnya apa sih jerawat itu?

            Jerawat adalah salah satu permasalahan pada kulit yang sering terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Penyebabnya adalah karena adanya sumbatan di pori-pori kulit sehingga menyebabkan peradangan. Ada pula yang disebabkan karena faktor hormonal seperti saat datang bulan atau kehamilan. Dan sebagian yang lain disebabkan karena alergi pada makanan atau kosmetik.

            Meskipun kecil, tapi jerawat bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Apalagi kalau jerawat yang muncul ada di area wajah. Sudah mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya tapi jerawat tetap muncul? Yuk simak solusinya di bawah ini!

Masker Lidah Buaya

            Ada yang tahu tanaman lidah buaya? Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, ternyata lidah buaya juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat lho! Kandungan senyawa aktif polifenol yang ada pada lidah buaya telah terbukti mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh.

            Caranya cukup mudah. Ambil lidah buaya, lalu kupas kulitnya dan sisihkan bagian gelnya. Gunakan gel lidah buaya untuk masker wajah. Oleskan secara merata selama kurang lebih setengah jam atau sampai benar-benar kering dan meresap di wajah. Kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Gunakan Bawang Putih

            Bawang putih merupakan bumbu dapur yang multifungsi. Selain memberikan rasa gurih pada masakan, bawang putih dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Karena bawang putih mengandung zat sulfur yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat.

            Untuk menghilangkan jerawat, tidak perlu bawang putih yang terlalu banyak. Cukup kupas satu buah bawang putih, lalu iris. Tempelkan irisan bawang putih pada jerawat yang membandel. Bagi sebagian orang, efek yang dirasakan mungkin sedikit hangat atau perih jika terdapat luka pada jerawat. Namun ini bukanlah masalah yang besar dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan.

Masker Putih Telur

            Cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat membandel adalah dengan membuat masker putih telur. Dengan biaya yang murah dan juga pembuatannya yang mudah, Kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Cukup sediakan putih telur dan perasan air lemon. Campur keduanya dan oleskan pada wajah hingga kering sempurna. Lalu bersihkan wajah dengan air.

            Mengapa putih telur dapat menghilangkan jerawat? Berdasarkan penelitian, kandungan enzim lysonzim pada putih telur sangat efektif membantu menghilangkan jerawat yang membandel.

Oleskan Air Lemon

            Selain digunakan sebagai campuran pada masker putih telur, Kamu juga dapat menggunakan air lemonnya saja untuk membasmi jerawat. Air lemon membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah yang menjadi salah satu penyebab jerawat muncul.

            Caranya sangat mudah. Iris buah lemon dan peras airnya. Oleskan air lemon secara merata pada kulit yang berjerawat. Diamkan hingga meresap selama kurang lebih 15 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih.

Rajin Membersihkan Wajah

            Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab jerawat muncul adalah karena tersumbatnya pori-pori wajah oleh kotoran dan kulit mati. Sehingga, solusi yang paling mudah yang bisa Kamu lakukan adalah dengan rajin membersihkan wajah. Terutama bagi Kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Setidaknya lakukanlah dua kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.

Hindari Penyebab Alergi

            Alergi pada makanan tertentu juga bisa menimbulkan jerawat di wajah lho! Beberapa makanan yang biasanya menjadi penyebab alergi adalah kacang-kacangan, telur, dan susu. Jadi, sebelum melakukan treatment apa pun, pastikan dulu apakah jerawat yang muncul adalah karena alergi atau bukan.

            Sebab, treatment yang akan kamu lakukan menjadi sia-sia kalau kamu ternyata alergi terhadap makanan dan kamu masih mengonsumsinya.

Kompres Es Batu

            Selain menyegarkan, es batu memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat membandel. Sebab, es batu membantu meringankan peradangan yang terjadi pada kulit. Sehingga jerawat akan cepat mengempis dan hilang. Caranya cukup mudah. Oleskan es batu pada kulit yang berjerawat secara rutin hingga jerawat menghilang.

Minum Air Putih yang Banyak

            Air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk mendetoks racun yang bersarang di tubuh kamu. Jerawat, menjadi salah satu indikasi bahwa kulit kamu tidak sehat. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dalam satu hari, bisa membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Sebaiknya konsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari, ya!

Masker Madu dan Kayu Manis

            Cara lain untuk menghilangkan jerawat adalah dengan membuat masker alami dari madu dan kayu manis. Madu mengandung banyak bakteri baik yang akan menjaga kulitmu agar tetap sehat.

            Untuk membuat masker ini, kamu hanya memerlukan dua bahan saja yaitu madu dan kayu manis bubuk. Caranya, campurkan 3 sendok madu dengan 1 sendok kayu manis bubuk. Lalu aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan gunakan sebagai masker. Diamkan beberapa saat hingga masker menyerap dengan sempurna. Kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.

Hindari Stres Berlebihan

            Penyebab paling sering munculnya jerawat adalah karena stres. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hindari stres. Jika stres melanda, segera atasi dengan hal-hal yang kamu senangi. Misalnya saja mengkonsumsi coklat yang dipercaya dapat memberikan efek bahagia bagi yang mengonsumsinya. Teh hijau juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk menenangkan pikiranmu.

Terapkan Pola Hidup Sehat

            Kebanyakan orang berloma-lomba mencari informasi bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan mudah dengan ramuan-ramuan kimia hingga yang alami. Namun, tidak sedikit pula yang lupa bahwa terjadinya tanda-tanda ketidakseimbangan pada tubuh seperti jerawat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

            Makanan junk food, mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, jarang berolahraga, kurang mengonsumsi buah dan sayuran, adalah penyebab-penyebab yang bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, jika kamu ingin menghilangkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali, terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang juga!

Berkonsultasi dengan Dokter

            Jika kamu sudah melakukan banyak cara untuk menghilangkan jerawat tapi masih belum berhasil, ada baiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter spesialis yang bisa kamu kunjungi adalah dokter spesialis kulit. Dengan berkonsultasi dan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh, dokter akan memberikan treatment yang tepat untuk masalah kamu.    

            Siapkan dana yang mencukupi karena biaya pemeriksaan ke dokter spesialis tidaklah murah. Terlebih lagi jika permasalahan yang kamu alami sudah cukup serius dan membutuhkan beberapa kali kunjungan dokter. Namun, akan terlihat sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

            Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat membandel. Pilihlah yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan dan membutuhkan biaya seminim mungkin. Semoga membantu!

Related Posts

Leave a Comment